PENGARUH PENGGUNAAN HYDROCARBON CRACK SYSTEM (HCS) DENGAN VARIASI BAHAN BAKAR BENSIN TERHADAP TORSI DAN DAYA SEPEDA MOTOR SUZUKI SATRIA FU150

Kurnialy, Wahyu (2018) PENGARUH PENGGUNAAN HYDROCARBON CRACK SYSTEM (HCS) DENGAN VARIASI BAHAN BAKAR BENSIN TERHADAP TORSI DAN DAYA SEPEDA MOTOR SUZUKI SATRIA FU150. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1099Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Wahyu Kurnialy. PENGARUH PENGGUNAAN HYDROCARBON CRACK SYSTEM (HCS) DENGAN VARIASI BAHAN BAKAR BENSIN TERHADAP TORSI DAN DAYA SEPEDA MOTOR SUZUKI SATRIA FU150. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki: (1) pengaruh penggunaan Hydrocarbon Crack System (HCS) terhadap torsi dan daya sepeda motor Suzuki Satria FU150. (2) pengaruh penggunaan HCS dengan variasi bahan bakar bensin (Premium, Pertalite dan Pertamax) terhadap torsi dan daya sepeda motor Suzuki Satria FU150. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Otomotif Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta dan di PT. Motocourse Technology (MOTOTECH). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah Suzuki Satria FU150 dengan nomor polisi R 2764 BM. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data pada penelitian ini secara langsung diperoleh dari pengukuran torsi dan daya menggunakan dynotest. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh penggunaan Hydrocarbon Crack System (HCS) terhadap torsi dan daya sepeda motor Suzuki Satria FU150. Penggunaan HCS pada Suzuki Satria FU150 berbahan bakar Premium dapat meningkatkan torsi sebesar 1,99% dan meningkatkan daya sebesar 1,39%. Penggunaan HCS dapat meningkatkan torsi Suzuki Satria FU150 standar berbahan bakar Pertalite sebesar 2,06% dan meningkatkan daya sebesar 1,59%. Penggunaan HCS dapat meningkatkan torsi Suzuki Satria FU150 standar berbahan bakar Pertamax sebesar 2,22% dan meningkatkan daya 1,58%. (2) ada pengaruh HCS dengan variasi bahan bakar terhadap torsi dan daya sepeda motor Suzuki Satria FU150. Penggunaan HCS dengan bahan bakar Premium dapat meningkatkan torsi sebesar 1,99% dan meningkatkan daya sebesar 1,39%. Penggunaan HCS dengan bahan bakar Pertalite dapat meningkatkan torsi sebesar 2,49% dan meningkatkan daya sebesar 2,29%. Penggunaan HCS dengan bahan bakar Pertamax dapat meningkatkan torsi 2,82% dan meningkatkan daya 2,78%. Penggunaan HCS dengan Pertamax meningkatkan torsi dan daya yang paling besar dibandingkan Premium dan Pertalite. Kata kunci: Sepeda motor, Hydrocarbon Crack System (HCS), torsi, daya

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 07 Jan 2018 01:02
    Last Modified: 07 Jan 2018 01:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39130

    Actions (login required)

    View Item