UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS II TUNAGRAHITA SDLB NEGERI BLORA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2009/2010

M A R I J A H, (2010) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS II TUNAGRAHITA SDLB NEGERI BLORA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (188Kb)

    Abstract

    Marijah. “Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Dengan Metode Drill Pada Siswa Kelas II Tunagrahita SDLB Negeri Blora Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010”. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Juli 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan bahasa Indonesia melalui metode drill pada siswa kelas II tunagrahita SDLB Negeri Blora semester II tahun pelajaran 2009/2010. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa tunagrahita kelas II semester II SDLB Negeri Blora tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 5 siswa. Teknik analisis data digunakan analisis komparatif, artinya peristiwa/kejadian yang timbul dibandingkan kemudian dideskripsikan ke dalam suatu bentuk data penilaian yang berupa nilai membaca permulaan. Dari prosentase dideskripsikan kearah kecenderungan tindakan guru dan reaksi serta hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data dari pelaksanaan tindakan kelas pembelajaran membaca permulaan melalui metode drill pada siswa tunagrahita kelas II SDLB Negeri Blora yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas II SDLB Negeri Blora semester II tahun pelajaran 2009/2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Yudha Adhitya
    Date Deposited: 14 Jul 2013 19:53
    Last Modified: 14 Jul 2013 19:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3912

    Actions (login required)

    View Item