Pengembangan Media Website Berbasis Drilling untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran di SMP Baitul Quran Boarding School Kabupaten Sragen

, SUDIR (2018) Pengembangan Media Website Berbasis Drilling untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran di SMP Baitul Quran Boarding School Kabupaten Sragen. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (898Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan media dan pembelajaran menghafal Al-Quran, (2) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media website berbasis drilling, (3) menghasilkan produk media website berbasis drilling yang layak digunakan dalam pembelajaran, dan (4) menguji efektifitas media website berbasisis drilling yang dihasilkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ASSURE yang terdiri dari (1) menganalisis karakteristik peserta didik, (2) merumuskan tujuan pembelajaran, (3) memilih metode, media, dan materi pembelajaran, (4) memanfaatkan media dan materi, (5) melibatkan peserta didik dalam pembelajaran, dan (6) evaluasi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Baitul Quran Boarding School Sragen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan lembar penilaian. Observasi digunakan untuk melihat media yang digunakan dalam kegiatan menghafal dan proses kegiatan menghafal. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data penggunaan media menghafal dari guru dan peserta didik. Dokumentasi digunakan untuk melihat hasil hafalan yang diperoleh sebelum dan setelah menggunakan media website berbasis drilling. Lembar penilaian digunakan untuk meminta saran dan masukan terhadap media yang dikembangkan dari ahli dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penilaian media website berbasis drilling dari ahli media memperoleh 96.46%, ahli materi 93,67%, uji coba satu-satu tahap I 77,38%, uji coba satu-satu tahap II 83%, dan uji coba lapangan 83%. Hasil hafalan (tahfidz) surat Al-Kahfi kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 40,57 ayat atau setara dengan 5,2 halaman, sementara kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 22,10 ayat atau setara dengan 2,8 halaman. Hasil uji efektifitas produk dengan nilai signifikansi 5% diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000<0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah media website berbasis drilling efektif dapat meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran. Kata kunci: Pegembangan, media, website, drilling, menghafal, Al-Quran

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Teknologi Pendidikan S-2
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 06 Jan 2018 23:00
    Last Modified: 06 Jan 2018 23:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39110

    Actions (login required)

    View Item