MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL MENGGUNAKAN ARSIP DOKUMEN MASA KESULTANAN BIMA TAHUN 1930-1950 BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN KRITIK SUMBER PADA MAHASISWA PRODI SEJARAH STKIP YAPIS DOMPU

, SUMIYATI (2018) MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL MENGGUNAKAN ARSIP DOKUMEN MASA KESULTANAN BIMA TAHUN 1930-1950 BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN KRITIK SUMBER PADA MAHASISWA PRODI SEJARAH STKIP YAPIS DOMPU. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (194Kb)

    Abstract

    Sumiyati. 2017. Model Pembelajaran Sejarah Lokal Menggunakan Arsip Dokumen Masa Kesultanan Bima Tahun 1930-1950 Berbasis Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatakan Kemampuan Kritik Sumber Pada Mahasiswa Prodi Sejarah STKIP Yapis Dompu. Tesis. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd, M.Hum, (II) Dr. Leo Agung. S, M.Pd. Magister Pendidikan Sejarah. Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan model pembelajaran sejarah lokal yang selama ini digunakan dalam proses pembelajaran di prodi Pendidikan Sejarah STKIP Yapis Dompu. (2) Mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran sejarah lokal menggunakan arsip/dokumen untuk meningkatkan kemampuan kritik sumber yang diterapkan untuk mahasiswa. (3) Mendeskripsikan efektifitas model pembelajaran sejarah lokal menggunakan arsip/dokumen berbasis Project baded learning untuk meningkatkan kemampuan kritik sumber mahasiswa. Metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) menggunakan model Dick and Carey untuk menghasilkan model. Ada sepuluh tahap penelitian ini, namun terangkum secara umum dalam tiga tahap pengembangan meliputi (1) penelitian pendahuluan yang mencakup studi literature dan studi lapangan, (2) pengembangan model yang terdiri dari penyusunan draf model,validasi draf model, revisi draf model dan uji coba produk. (3) uji efektifitas model pada tahap ini uji efektifitas model dilakukan melalui kuasi eksperimen yaitu mengimplementasikan desain model melalui tahap eksperimen dengan kelompok kelas yang diberi perlakuan (ekperimen) dan kelas yang tidak diberi perlakuan (kontrol). Hasil Penelitian: (1) pembelajaran sejarah lokal berbasis model project based learning dengan sumber-sumber sejarah berupa arsip dokumen sebagai bahan pembelajaran, kemampuan kritik sumber pada mahasiswa belum menjadi kompetensi yang harus dicapai dalam proses pembelajaran, dan metode mengajar dosen masih bersifat konvensional, (2) Pengembangan model pembelajaran dimulai dari penyusunan draf model dan divalidasi oleh tim ahli yang selanjutnya akan dilakukan diuji coba terbatas dan luas. Validasi oleh Ahli Model diperoleh kategori sangat baik, Ahli Materi dengan kategori baik, dan lembar kerja kritik dengan katagori baik. Uji coba terbatas kelompok kecil dilakukan pada 6 mahasiswa dan pada kelompok besar 12 mahasiswa dengan nilai skor rata-rata pretest 73 dan post test 94. Revisi pada sumber pembelajaran. Hasil uji coba luas diperoleh skor rata-rata pada pretest 73,6 dan post test 90,7 dan hasil tes kemampuan dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan setelah diberikan perlakuan, (3) Efektifitas model pembelajaran menggunakan arsip dokumen melalui project based learning untuk meningkatkan kemampuan kritik sumber mahasiswa terbukti efektif, uji statistik diperoleh hasil nilai rerata pre test sebesar 43 dan nilai rerata post test 83 Sedangkan hasil uji T diperoleh nilai sebesar 5,791 dengan taraf signifikansi 0,04.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 06 Jan 2018 22:53
    Last Modified: 06 Jan 2018 22:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39107

    Actions (login required)

    View Item