Pengembangan LKS Digital untuk meningkatkan Prestasi Belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) pada siswa di SMK N 1 Gesi Kabupaten Sragen

, TAUFIQURROHMAN (2018) Pengembangan LKS Digital untuk meningkatkan Prestasi Belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) pada siswa di SMK N 1 Gesi Kabupaten Sragen. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (855Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembalajaran KKPI di sekolah, (2) model pengembangan bahan ajar LKS digital untuk meningkatkan prestasi belajar KKPI di SMK, dan (3) menguji efektifitas bahan ajar LKS digital pada mata pelajaran KKPI di SMK dalam meningkatkan prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari (1) define, design, development, dan dissemination. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MM-2 dan kelas XI MM-3 SMKN 1 Gesi Sragen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan lembar penilaian. Observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran KKPI. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dari ahli, guru, dan siswa. Dokumetasi digunakan untuk mengumpulkan data nilai KKPI. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penilaian bahan ajar LKS digital dari ahli media I memperoleh skor rata-rata 4,7, ahli media II memperoleh skor rata-rata 4,6, ahli materi I 4,5, ahli materi II 4,7, uji coba satu-satu I 3,9, uji kelompok kecil 3,8, dan uji coba lapangan 3,6. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 89,00 dan kelas kontrol 79,10. Hasil uji efektifitas produk dengan nilai signifikansi 5% diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000<0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah bahan aja LKS digital dapat meningkatkan prestasi belajar KKPI.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Teknologi Pendidikan S-2
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 06 Jan 2018 22:41
    Last Modified: 06 Jan 2018 22:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39102

    Actions (login required)

    View Item