Pengembangan Sistem Computer-Based Test (CBT) Berbasis Website (Studi kasus di SMK Negeri 1 Banyudono)

NUGROHO, SEPTIAN (2018) Pengembangan Sistem Computer-Based Test (CBT) Berbasis Website (Studi kasus di SMK Negeri 1 Banyudono). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (849Kb)

    Abstract

    Septian Nugroho. K3513064. PENGEMBANGAN SISTEM COMPUTERBASED TEST (CBT) BERBASIS WEBSITE. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem yang dapat digunakan untuk ujian berbasis komputer. Sistem dikembangkan berbasis website menggunakan jaringan lokal sekolah. Pengembangan sistem Computer-Based Test (CBT) dibuat menggunakan model pengembangan waterfall yang melalui beberapa tahapan seperti komunikasi, perencanaan, permodelan, pembangunan dan penyebaran. Sistem CBT yang dikembangkan memiliki kelebihan dibandingkan dengan sistem CBT yang sudah ada, diantaranya yaitu sistem CBT dibuat sesuai dengan kebutuhan fungsional untuk sekolah menegah kejuruan. Soal pada bank soal dikelompokkan berdasarkan mata pelajaran, kompetensi dasar dan tingkat kesukaran soal. Sistem CBT juga dapat untuk menghentikan waktu ulangan siswa yang mengalami masalah teknis saat mengerjakan ulangan, jika masalah sudah teratasi, waktu ulangan siswa dapat dijalankan kembali. Setelah sistem CBT selesai dikembangkan, sistem diuji coba kepada pengguna akhir (admin, guru dan siswa) pihak sekolah untuk mengetahui tingkat kelayakan sistem CBT menggunakan kuesioner. Kuesioner berisi pernyataan kelayakan sistem yang mengadopsi model penerimaan teknologi (TAM) untuk indikator kebermanfaatan dan kemudahan penggunaan sistem. Analisis data kuesioner TAM menunjukkan hasil kelayakan sistem CBT dari tiap pengguna yang bervariasi. Pengguna sistem untuk admin memiliki tingkat kelayakan sebesar 93%, pengguna guru sebesar 91% dan siswa memiliki kelayakan 82,25%. Semua nilai kelayakan dari masing-masing pengguna berada diatas 81%, sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem CBT sangat layak untuk digunakan. Kata kunci : Ujian berbasis komputer, CBT, model pengembangan waterfall, model penerimaan teknologi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 06 Jan 2018 22:15
    Last Modified: 06 Jan 2018 22:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39096

    Actions (login required)

    View Item