PENGEMBANGAN PANDUAN LAYANAN BIMBINGAN PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DI KELAS DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING BAGI PESERTA DIDIK SMP.

AMALIA, SITI NUR (2018) PENGEMBANGAN PANDUAN LAYANAN BIMBINGAN PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DI KELAS DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING BAGI PESERTA DIDIK SMP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (615Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Siti Nur Amalia. K3113067. PENGEMBANGAN PANDUAN LAYANAN BIMBINGAN PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DI KELAS DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING BAGI PESERTA DIDIK SMP. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe satu berupa Panduan Layanan Bimbingan Peningkatan Keterampilan Berdiskusi Di Kelas Dengan Teknik Assertive Training Bagi Peserta Didik SMP, yang belum dilakukan uji validitas, uji keefektifan, dan uji kepraktisan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan Sukmadinata yang diadaptasikan dari Borg and Gall. Penelitian ini hanya sampai pada tahap ke tiga yaitu pembuatan produk. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik SMP kelas VII, VIII, dan IX se-Karesidenan Surakarta. Data yang di perolah dari studi pendahuluan berupa data kebutuhan dan kepentingan peserta didik SMP menurut peserta didik, orang tua, dan guru BK. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh data. Pertama, tingkat kebutuhan dan kepentingan layanan bimbingan dan konseling menunjukkan bahwa sebanyak 45,06 % sangat membutuhkan dan 44,61 % merasa sangat penting terhadap pengembangan keterampilan berdiskusi menurut peserta didik, orang tua, dan guru BK. Kedua, berdasarkan hasil kajian teoritik mengenai keterampilan berdiskusi diperoleh: pengertian keterampilan diskusi, jenis-jenis keterampilan diskusi, faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan diskusi, dan cara meningkatkan keterampilan diskusi. Berdasarkan hasil kajian teoritik mengenai assertive training diperoleh: pengertian assertive training, tujuan assertive training, manfaat assertive training dan langkah-langkah assertive training. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan diskusi yaitu dengan menggunakan assertive training. Ketiga, berdasarkan hasil studi pendahuluan dan kajian teoritik, dapat dikembangkan produk berupa panduan layanan peningkatan keterampilan berdiskusi di kelas dengan teknik assertive training bagi siswa SMP, yang belum dilakukan uji validitas, uji keefektifan, dan uji kepraktisan. Panduan memuat sistematika produk Panduan Layanan Bimbingan Peningkatan Keterampilan Diskusi di Kelas dengan Teknik Assertive Training yaitu cover, kata pengantar, bagian I pendahuluan, bagian II keterampilan diskusi dengan teknik assertive training, bagian III Cara menggunakan panduan, bagian IV kurikulum, bagian V satuan layanan dan materi, dan bagian VI penutup. LKS memuat sistematika cover, kata pengantar, daftar isi, bagian I pendahuluan, bagian II keterampilan diskusi dengan teknik assertive training, bagian III soal-soal. Kata kunci : keterampilan berdiskusi, assertive training, peserta didik SMP

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 06 Jan 2018 22:01
    Last Modified: 06 Jan 2018 22:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39091

    Actions (login required)

    View Item