EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM EKSTENSIFIKASI PEMBERIAN NPWP TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH WAJIB PAJAK DI KPP PRATAMA BOYOLALI TAHUN 2012-2016

ROHMADI, SLAMET (2018) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM EKSTENSIFIKASI PEMBERIAN NPWP TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH WAJIB PAJAK DI KPP PRATAMA BOYOLALI TAHUN 2012-2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2299Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan ekstensifikasi, hasil dari ekstensifikasi dan hambatan yang muncul serta solusi yang digunakan untuk mengatasi hambatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kuantitatif. Sumber data berasal dari data sekunder yang diperoleh dari KPP Pratama Boyolali dan data primer hasil dari wawancara dengan pelaksana bagian ekstensifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah jumlah WP baru dari tahun 2012-2016 mengalami peningkatan, terdapat beberapa kecamatan yang kurang berkontribusi dalam peningkatan WP baru khusunya di wilayah pelosok dan terdapat beberapa hambatan yang berasal dari internal maupun eksternal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan ekstensifikasi telah sesuai dengan peraturan, peningkatan WP baru selama tahun 2012-2016 selalu melebihi dari target yang ditetapkan meskipun masih terdapat hambatan yang ditemui tetapi tidak begitu berpengaruh. Penulis memberikan saran kepada KPP Pratama Boyolali untuk lebih optimal dalam kegiatan ekstensifikasi penjaringan WP baru sebagai ujung tombak untuk meningkatkan penerimaan pajak. Kata Kunci: Ekstensifikasi, NPWP, Peningkatan WP Baru, KPP Pratama Boyolali.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > KZ Law of Nations
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 06 Jan 2018 21:56
    Last Modified: 06 Jan 2018 21:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39089

    Actions (login required)

    View Item