Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Cekak dengan Metode Mind Mapping dan Penggunaan Media Audio pada Siswa Kelas VIIIH MTs Negeri Sragen Tahun Ajaran 2015/2016

P, SRIYANTI (2018) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Cekak dengan Metode Mind Mapping dan Penggunaan Media Audio pada Siswa Kelas VIIIH MTs Negeri Sragen Tahun Ajaran 2015/2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (93Kb)

    Abstract

    xiv SRIYANTI PAMUNGKASARI. NIM S061502011. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Cekak dengan Metode Mind Mapping dan Penggunaan Media Audio pada Siswa Kelas VIIIH MTs Negeri Sragen Tahun Ajaran 2015/2016. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Andayani, M.Pd. II: Dr. Budhi Setiawan, M.Pd. TESIS. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret. 2017. ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca pemahaman cerita cekak dengan metode mind mapping dan penggunaan media audio, dan meningkatkan kualitas hasil membaca pemahaman cerita cekak dengan metode mind mapping dan penggunaan media audio. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), yaitu suatu penelitian yang merupakan kolaborasi antara peneliti, guru dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus meliputi empat tahapan: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIH MTs Negeri Sragen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan tes. Uji validitas data untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisa data menggunakan teknik kritis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran bahasa Jawa dan kualitas hasil membaca pemahaman cerita cekak siswa kelas VIIIH MTs Negeri Sragen. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator keberhasilan sebagai berikut: (1) motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran membaca pemahaman cerita cekak meningkat, (2) peningkatan kinerja guru dalam mengelola kelas, (3) kemampuan membaca pemahaman cerita cekak siswa terus meningkatdari nilai rata-rata 71,03 pada pra siklus, meningkat pada siklus I (77,95), dan siklus II (83,59). Peningkatan nilai tersebut telah memenuhi batas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75. Kata Kunci: kualitas pembelajaran, pembelajaran membaca pemahaman, kemampuan membaca pemahaman, cerita cekak, mind mapping, media audio. xv SRIYANTI PAMUNGKASARI. NIM S061502011. Increasing Reading Comprehension Competence Cerita Cekak by Using Mind Mapping Method and Audio to Eighth Graders of MTs Negeri Sragen in the Academic Year of 2015/ 2016. THESIS. First Supervisor: Prof. Dr. Andayani, M.Pd. Second Supervisor: Dr. Budhi Setiawan, M.Pd. THESIS. Study Program of Language Education and Regional Literature, Postgraduate Program, Sebelas Maret University. 2017. ABSTRACT This Classroom Action Research is purposed to increase the process learning quality of reading comprehension cerita cekak by using mind mapping method and audio, and to increase the reading comprehension competence of cerita cekak by using mind mapping method and audio. Research design of this research was a Classroom Action Research concerning on collaborating researchers, teachers, and learners. This research conducted two cycles, each cycle consisted of two meetings. For each cycle involved four stages: planning, implementing, observing, and reflecting. The subject of this research was eighth graders of MTs Negeri Sragen. The data collection technique of this research was observation, interview, and test. Data validation test to determine its validity was by using source triangulation and technique triangulation. Critically comparative was used as data analysis technique. Based on the research concluded that mind mapping increases the process learning quality of Bahasa Jawa and reading comprehension comptence cerita cekak for eighth graders of MTs Negeri Sragen. It can be reflected through some indicators proposed: (1) learners’ motivation in learning reading comprehension cempetence is increased, (2) teacher performance in managing class is increased, (3) learners’ reading comprehension competence is gradually increased. It started from 71,03 on pre cycle, increased on cycle I (77,95), and cycle II (83,59). Those scores improvement have met the limits of Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) which is 75. Keywords : Learning quality, learning reading comprehension, reading comprehension competence, cerita cekak, mind mapping, audio. xvi SRIYANTI PAMUNGKASARI. NIM S061502011. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Cekak dengan Metode Mind Mapping dan Penggunaan Media Audio pada Siswa Kelas VIIIH MTs Negeri Sragen Tahun Ajaran 2015/2016 .TESIS.Pembimbing I: Prof. Dr. Andayani, M.Pd. II: Dr. Budhi Setiawan, M.Pd. TESIS. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Program PascaSarjana, Universitas Sebelas Maret. 2017. SARIPATHI Panliten tindakan kelas iki nduweni ancas kanggo ningkatake proses kwalitas pasinaon mahami wacan crita cekak kanthi nggunakake metodhe mindmapping lan nggunakake medhia audio sarta ningkatake ketrampilan mahami wacan crita cekak kanthi metodhe mind mapping lan nggunakake medhia audio. Panliten iki mujudake panliten tindakan kelas (Classroom Acrion Research) yaiku panliten kang nyawijekake antarane panliti, guru, lan murid. Panliten iki katindakake kanthi rong proses lan saben proses dumunung saka rong patemon. Saben proses kaperang dadi patang proses:ancangane tumindak, tindakan, observasi lan refleksi. Subjek panliten iki yaiku murid kelas VIIIH MTs Negeri Sragen. Teknik panglumpuke data kang digunakake yaiku observasi, wawancara lan tes. Uii validasi kanggi meruhi sahe data nggunakake triangulasi sumber lan triangulasi teknik. Teknik analisis data nggunakake teknik kritis komparatif. Adhedhasar asile panliten bisa didudut yen metodhe mind mapping bisa ningkatake kwalitas pasinaon basa Jawa lan ngasilake mundhake ketrampilan mahami wacan crita cekak murid kelas VIIIH MTs Negeri Sragen. Babagan kasebut kagambarake saka saperangan bab kang kasil, yaiku: (1) motivasi murid sajrone proses pasinaon maca crita cekak kang ningkat, (2) ningkatake panggawene dwija sajrone nglola kelas, (3) ketrampilan maca pemahaman crita cekak murid tansah mundhak saka biji kang rata-rata 71,03 ing pra siklus, mundhak ing siklus I (77,95) lan siklus II (83,59). Mundhake biji kasebut bisa nyukupi watese kriteria ketuntasan minimal (KKM) kang ditetepake yaiku 75. Tembung wigati: kwalitas pasinaon, pasinaon mahami wacan, ketrampilan mahami wacan, crita cekak, mind mapping, medhia audio.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 06 Jan 2018 21:45
    Last Modified: 06 Jan 2018 21:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39086

    Actions (login required)

    View Item