ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM KEJAR PAKET C (Studi Kasus SKB Sukoharjo)

WINDARSARI, RANULIN (2018) ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM KEJAR PAKET C (Studi Kasus SKB Sukoharjo). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (932Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ranulin Windarsari. S861508023. Analisis Pembelajaran Sejarah Pada Pendidikan Kesetaraan Program Kejar Paket C (Studi Kasus SKB Sukoharjo). Tesis. Surakarta: Pendidikan Sejarah. Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2017. Pembimbing I : Prof. Dr. Sunardi, M.Sc., Pembimbing II: Dr. Djono, M.Pd. Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan pembelajaran Sejarah di SKB Sukoharjo, (2) Pelaksanaan pembelajaran sejarah di SKB Sukoharjo, (3) Kendala-kendala .yang dihadapi dalam proses pembelajaran Sejarah di SKB Sukoharjo, (4) Evaluasi pembelajaran Sejarah di SKB Sukoharjo Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif (studi pustaka) dengan analisis interaktif melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini meliputi: informan, kegiatan pembelajaran sejarah, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik wawancara dan teknik dokumen. Teknik cuplikan yang digunakan dengan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Perencanaan pembelajaran sejarah di SKB Sukoharjo direncanakan dengan baik mulai dari pelatihan In House Training bagi para pendidik SKB yang kemudian dipraktikan dalam pelaksanaan pembuatan Perangkat Pembelajaran mulai dari Silabus, RPP, Prota, Promes, Kalender Akademik, Alokasi Waktu, Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) yang penyusunannya sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu KTSP, (2) Pelaksanaan pembelajaran sejarah di SKB Sukoharjo pada program kesetaraan paket C sama dengan pada sekolah formal, yang membedakan adalah pelaksanaan pembelajaran pada program paket C terdiri dari tatap muka, tutorial, dan kegiatan mandiri, (3) Kendala pada pelaksanaan pembelajaran sejarah pada program paket C di SKB Sukoharjo adalah kesiapan mental warga belajar dimana warga belajar kebanyakan sudah bekerja, (4) Evaluasi pembelajaran sejarah pada program Paket C di SKB Sukoharjo sama dengan sekolah formal. Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, pendidikan non-formal, pendidikan kesetaraan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 06 Jan 2018 16:43
    Last Modified: 06 Jan 2018 16:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39074

    Actions (login required)

    View Item