AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM UPAYA MEMBANGUN EKUITAS MEREK HOTEL LOR IN BUSINESS RESORT & SPA SURAKARTA

Siskawati, Milla (2010) AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM UPAYA MEMBANGUN EKUITAS MEREK HOTEL LOR IN BUSINESS RESORT & SPA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1349Kb)

    Abstract

    Milla Siskawati, D 0204079, AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM UPAYA MEMBANGUN EKUITAS MEREK HOTEL LOR IN, Skripsi (S-1), Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2010. Merek merupakan asset berharga yang tak ternilai harganya. Upaya membangun ekuitas merek merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Salah satu upaya membangun ekuitas merek tersebut yaitu dengan melakukan kegiatan komunikasi pemasaran demi terciptanya asosiasi yang mendukung, kuat, dan unik di benak masyarakat. Lor In Business, Resort & Spa menjadi merek yang terkenal dan terpercaya dan hal hal itu merupakan asset yang tak ternilai. Sebuah merek bisa memiliki posisi sangat kuat dan menjadi modal/ekuitas, apabila merek tersebut menempati empat factor utama, yaitu brand awareness, strong brand association, perceived quality, dan brand loyality. Usaha perusahaan untuk menciptakan ekuitas merek dilakukan melalui pilihan yang positif atas identitas merek (yaitu pemilihan nama atau logo yang baik). Namun, usaha yang paling sering dillakukan adalah melalui program pemasaran dan komunikasi pemasaran agar tercipta asosiasi yang mendukung, kuat, dan unik di benak konsumen antara merek dengan atribut/manfaatnya. Komunikasi pemasaran terpadu merupakan proses penggunaan alat-alat promosi dalam jalur yang disatukan sehingga dapat tercipta komunikasi yang sinergis. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan oleh Lor In dalam upaya membangun ekuitas merek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil sampel secara purposive sampling kepada narasumber yang berkompeten dalam menjawab semua pertanyaan pada penelitian ini. Data dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara dengan narasumber terpilih, data-data tertulis, dan pengamatan dari penulis. Setelah dilakukan analisa, diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Public Relations Lor In memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya membangun ekuitas merek yang diinginkan oleh perusahaan. karenanya Lor In berkomitmen untuk melakukan kegiatan komunikasi pemasaran yang lebih agresif. Masyarakat sebagai calon konsumen maupun konsumen tetap atu pelanggan telah menempatkan Lor In dalam puncak pemikiran mereka sebagai produk dengan kualitas yang baik namun dengan harga yang terjangkau, dah hal ini sangat sesuai dengan tag line dari Lor in yaitu “Luxury You Can Effort

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Users 844 not found.
    Date Deposited: 14 Jul 2013 19:52
    Last Modified: 14 Jul 2013 19:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3907

    Actions (login required)

    View Item