UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN POLA BENTUK 3 DIMENSI GEOMETRI DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelompok A1 TK Cemara Dua Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

H, RESTU SYAMSI NUR (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN POLA BENTUK 3 DIMENSI GEOMETRI DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelompok A1 TK Cemara Dua Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (369Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengurutkan pola bentuk 3 dimensi geometri menggunakan media papan flanel pada anak kelompok A1 TK Cemara Dua Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A1 TK Cemara Dua Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 11 anak (6 laki-laki dan 5 perempuan). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif dan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan mengurutkan pola bentuk 3 dimensi geometri dengan menggunakan media papan flanel dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan pada pratindakan sebesar 18,18%, siklus I 45,45%, dan siklus II 81,82%. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan mengurutkan pola bentuk 3 dimensi geometri anak dalam mengurutkan 3 pola secara berurutan berdasarkan pada bentuk dan warnanya, dan anak mampu memperkirakan urutan selanjutnya dengan melengkapi urutan pola yang hilang berdasarkan bentuk dan warnanya. Kata kunci: kemampuan mengurutkan pola, media papan flanel ABSTRACT The aim of this classroom action research is to improve the ability to sort 3 dimentional geometry shapes using flannel board media for children in group A1 of Cemara Dua Surakarta Kindergarten in period 2016/2017. This research performed in two cycles, each cycle consist of planning, implementation, observation, and reflection. The subject is group A children of Cemara Dua Surakarta Kindergarten in academic 2016/2017 which consist of 11 children (6 boys and 5 girls). Technique of collecting data through observation, interview, performance test and documentation. Validation of quantitative using construct validity. Validation of qualitative data using source triangulation and technique triangulation. Data analysis used comparative descriptive statistical and interactive analysis. The result shows that there is an improvement of the ability to sort 3 dimentional geometry shapes skill by using flannel board media of objects forming activity from precycle to cycle I and from cycle I to cycle II. The percentage of throughness in precycle 18,18%, in the first cycle increased to 45,45%, and in the second cycle increased to 81,82%. The increase is evidence by improved the children ability to sort 3 dimensional geometry shapes acording to shape and colour, and the child ability to estimate the next pattern by completing the missing pattern according to shape and colour. Keywords: the ability to sort pattern, flannel board media

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 06 Jan 2018 16:22
    Last Modified: 06 Jan 2018 16:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39066

    Actions (login required)

    View Item