PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KARTU KUARTET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP JASA DAN PERANAN TOKOH TERHADAP KEMERDEKAAN INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Soropadan No. 108 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

Anggraini, Rima Sulistiyo (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KARTU KUARTET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP JASA DAN PERANAN TOKOH TERHADAP KEMERDEKAAN INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Soropadan No. 108 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (422Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rima Sulistiyo Anggraini. K7113183. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KARTU KUARTET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP JASA DAN PERANAN TOKOH TERHADAP KEMERDEKAAN INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Soropadan No. 108 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep jasa dan peranan tokoh terhadap kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Soropadan No. 108 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta tahun ajaran 2016/2017 dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media kartu kuartet. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seorang guru dan siswa kelas V SD Negeri Soropadan No. 108 pada semester dua tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru, siswa dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data adalah analisis interaktif. Analisis interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media kartu kuartet dapat meningkatkan pemahaman konsep jasa dan peranan tokoh terhadap kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V di SD Negeri Soropadan No. 108 tahun ajaran 2016/2017. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas dan presentase ketuntasan klasikal. Pada pre test, ketuntasan siswa hanya 5,6% dengan nilai rata-rata 51, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 30,6% dengan nilai rata-rata 59,7. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 75,8% dengan ketuntasan siswa sebanyak 83,3%. Kata kunci: Teams Games Tournament, Media Kartu Kuartet, Pemahaman Konsep Jasa dan Peran ABSTRACT Rima Sulistiyo Anggraini. K7113183. APPLICATION OF TEAMS GAMES TOURNAMENT LEARNING MODEL HELPED BY QUARTET CARD MEDIA TO IMPROVE UNDERSTANDING OF SERVICE AND FIGURE ROLE OF INDONESIAN INDEPENDENCE CONCEPT (Class Action Research at Fifth Grade in SD Negeri Soropadan No. 108 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Academic Year 2016/2017). Thesis, Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, August 2017. This research aims to improve understanding of service and figure role of Indonesian independence concept at 5th grade student of soropadan elementary school No.108 Laweyan district Surakarta regency by application of teams games tournament (TGT) learning model helped by quartet card media. This research was a classroom action research which was held in two cycles. There were four stage in each cycle, which were planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were a teacher and 36 students from the fifth grade in the second semester of Soropadan elementary school No. 108 academic year 2016/2017 that numbered are 36 students and consist of 25 male students and 11 female student. The data sources are from the teacher, student and learning process. The technics of collecting data are test, interview, observation and documentary. Data analysis were interactive analysis. According to the research conclusion, Teams Games Tournament model learning helped by quartet card media could improve understanding of service and figure role of Indonesian independence concept at 5th grade student of Soropadan elementary school No.108 academic year 2016/2017. That improvement could be aproved by improvement of average score and clasic completeness percentage. At Pre-action, the percentage of class attainment is only 5,6% with average score is 51 then at first cycle the percentage of class attainment increase become 30,6% with average score is 59. At second cycle, the average score inreases to 75,8 with the percentage of class attainment is 83,3%. Keywords: Teams Games Tournament, Quartet Card Media, Understanding of Service and Figure Role Concepts.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 06 Jan 2018 16:04
    Last Modified: 06 Jan 2018 16:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39061

    Actions (login required)

    View Item