PENINGKATAN KEMAMPUANKOGNITIF ANAK MELALUIPERMAINAN KARTUANGKA DAN GAMBAR SISWAKELAS PERSIAPANTUNARUNGU WICARA SLBNKENDAL TAHUN 2009 /2010

SUHARDIYANA, (2010) PENINGKATAN KEMAMPUANKOGNITIF ANAK MELALUIPERMAINAN KARTUANGKA DAN GAMBAR SISWAKELAS PERSIAPANTUNARUNGU WICARA SLBNKENDAL TAHUN 2009 /2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (216Kb)

    Abstract

    Suhardiyana. PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA DAN GAMBAR SISWA KELAS PERSIAPAN TUNARUNGU WICARA SLBN KENDAL TAHUN 2009 / 2010. Skripsi, Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas MaretSurakarta,Juli2010. Penelitian ini bertujuan untuk mencari model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan kartu angka dan gambar siswa kelas persiapan tunarungu wicara SLBN Kendal tahun 2009 / 2010. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian siswa tunarungu wicara kelas Persiapan semester II SLB Negeri Kendal tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 7 siswa. Teknik analisis data digunakan analisis komparatif, artinya peristiwa atau kejadian yang timbul dibandingkan kemudian dideskripsikan ke dalam suatu bentuk data penilaianyangberupanilaihasilbelajar kemampuankognitif. Berdasarkan hasil pengolahan data dari pelaksanaan tindakan kelas dapat dijelaskan bahwa nilai awal kemampuan kognitif rata-rata kelas 50,57. Siswa yang mendapat nilai 70 atau lebih hanya 1 siswa dengan tingkat ketuntasan klasikal 14,28 %, pada siklus I nilai rata-rata kelas 60,85, siswa yang mendapat nilai 70 ke atas terdapat 4 siswa dengan tingkat ketuntasan 57,14% dan tinggal 3 siswa yang belum tuntas, pada siklus II nilai rata-rata kelas 80,28. Seluruh siswa mendapat nilai 70 ke atas artinya secara klasikal telah menuntaskan belajar kemampuankognitifketuntasan100%. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa melalui permainan kartu angka dan gambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas persiapantunarunguwicara SLBN Kendaltahun pelajaran2009 / 2010. Kata kunci : kognitif, anak tunarungu wicara, media, permainan angka dan gambar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 14 Jul 2013 19:48
    Last Modified: 14 Jul 2013 19:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3905

    Actions (login required)

    View Item