PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN DAYA INGAT ANAK TUNAGRAHITA

ANGGRAINI, NURIAN (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN DAYA INGAT ANAK TUNAGRAHITA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (382Kb)

    Abstract

    Nurian Anggraini, S041502013. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash pada Pembelajaran Agama Islam untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Daya Ingat Anak Tunagrahita. Tesis. Pembimbing I: Dwi Aries Himawanto. Pembimbing II: Abdul Salim. Pascasarjana Pendidikan Luar Biasa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran agama Islam bagi anak tunagrahita pada saat ini, kebutuhan guru dalam mengajarkan pelajaran agama Islam kepada anak tunagrahita, pengembangan multimedia interaktif yang sesuai dengan karakteristik siswa tunagrahita, validitas produk berdasarkan penilaian ahli, keterbacaan produk pada uji coba terbatas, kualitas produk pada uji coba luas, dan keefektifan produk dalam meningkatkan motivasi belajar dan daya ingat anak tunagrahita. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan beberapa tahapan penelitian. Responden pada penelitian adalah ahli media, ahli materi, ahli PLB, guru agama Islam dan anak tunagrahita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran agama Islam masih berlangsung secara konvensional, guru membutuhkan inovasi baru yang sesuai dengan karakteristik anak tunagrahita, pengembangan multimedia interaktif meliputi penetapan materi pokok dan tujuan pembelajaran, pembuatan flowchart dan story board, pembuatan multimedia interaktif beserta buku panduan penggunaannya, tingkat validitas produk termasuk pada kategori sangat baik, tingkat keterbacaan produk termasuk pada kategori sangat baik, tingkat kelayakan produk termasuk pada kategori sangat baik, dan multimedia interaktif efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan daya ingat anak tunagrahita dengan tingkat probabilitas 5%. Kata Kunci: Multimedia Interaktif Macromedia Flash, Pembelajaran Agama Islam, Motivasi belajar, Daya Ingat, Tunagrahita.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 06 Jan 2018 10:05
    Last Modified: 06 Jan 2018 10:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39049

    Actions (login required)

    View Item