Pengaruh Sikap Asertif Pustakawan Terhadap Kenyamanan Pemustaka di Balai Layanan Perpustakaan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta

HUDA, NURUL AINI (2018) Pengaruh Sikap Asertif Pustakawan Terhadap Kenyamanan Pemustaka di Balai Layanan Perpustakaan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (269Kb)

    Abstract

    Kenyamanan pemustaka merupakan tujuan dari penjual jasa berupa perpustakaan. Kenyamanan pemustaka dapat terbentuk dari bagaimana sikap pustakawan dalam memberi pelayanan kepada pemustaka. Oleh sebab itu, Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY dalam pemberian pelayanan terhadap pemustaka menerapkan sikap asertif. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sikap asertif pustakawan di Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY dan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan sikap asertif terhadap kenyamanan pemustaka. Penulisan Tugas Akhir ini menggunakan: metode observasi, metode wawancara, metode kuisioner dan metode data. Dalam penulisan Tugas Akhir ini dapat disimpulkan: 1) Penerapan sikap asertif pustakawan dilakukan sesuai pemahaman pustakawan mengenai apa itu sikap asertif. Dalam penerapannya, setiap layanan memiliki cara masing masing. Seperti memberi penegasan tentang koleksi yang tidak dapat dibawa pulang dengan tidak menjatuhkan pemustaka pada layanan koleksi langka, mendahului perbincangan sebelum pemustaka bertanya pada layanan informasi dan lain sebagainya. 2) Penerapan sikap asertif pustakawan terhadap pemustaka mempengaruhi dengan kenyamanan pemustaka. Apabila pemustaka merasa nyaman dari segala aspek di perpustakaan maka, pemustaka akan kembali menggunakan jasa perpustakaan untuk selanjutnya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 06 Jan 2018 09:58
    Last Modified: 06 Jan 2018 10:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39048

    Actions (login required)

    View Item