Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen dan Brand Positioning Minyak Goreng Sawit di Kota Surakarta

Puspitasari, Nurul (2018) Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen dan Brand Positioning Minyak Goreng Sawit di Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (273Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian minyak goreng sawit di Kota Surakarta, mengetahui faktor-faktor atribut produk yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian minyak goreng sawit di Kota Surakarta, dan menganalisis brand posisitioning merek-merek minyak goreng sawit di Kota Surakarta. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan metode purposive dan metode penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini mengambil 100 orang sebagai responden berdasarkan ukuran penentuan sampel dalam analisis factor bahwa jumlah sampel minimal 100. Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis multidimensional scaling. Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan pembelian minyak goreng sawit melalui 5 tahap yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, perilaku pasca pembelian. Analisis faktor menunjukkan bahwa dari 12 variabel yang dianalisis tercakup dalam 4 faktor dengan presentase total varians sebesar 73,140%. 4 faktor yang terbentuk berdasarkan prioritasnya adalah fitur produk, keunggulan produk, promosi, dan harga. Analisis multidimensional scaling menunjukkan bahwa setiap merek mempunyai atribut terdekat dan terjauh menurut konsumen.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 06 Jan 2018 09:49
    Last Modified: 06 Jan 2018 09:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39044

    Actions (login required)

    View Item