Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Koordinasi Mata-tangan terhadap Peningkatan Hasil Free throw dalam Permainan Bola Basket

WARDANA, PRAMODA (2018) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Koordinasi Mata-tangan terhadap Peningkatan Hasil Free throw dalam Permainan Bola Basket. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (727Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Pramoda Wardana, A121508044. 2017. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Peningkatan Hasil Free Throw Pada Permainan Bola Basket. Tesis, Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing (1) Prof. Dr. H.M Furqon H., M.Pd., Pembimbing (2) Prof. Dr. Kiyatno, dr., PFK.,M.Or. AIFO. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) Perbedaan Pengaruh pendekatan pembelajaran direct dan indirect terhadap peningkatan hasil free throw bola basket. (2) Perbedaan Pengaruh peningkatan hasil free throw bolabasket antara mahasiswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi dan rendah. (3) Pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan koordinasi mata-tangan terhadap peningkatan hasil free throw bolabasket. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan POK UTP Surakarta selama 8 minggu dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa putra semester 5 Jurusan Pendidikan Olahraga Kepelatihan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta yang telah mengikuti mata kuliah tes dan praktek bolabasket 1. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Random Sampling, sampel yang diambil sebanyak 40 mahasiswa, terdiri dari 20 mahasiswa yang memiliki tingkat koordinasi mata tangan tinggi, 20 mahasiswa yang memiliki tingkat koordinasi mata tangan rendah. Teknik analisis dengan menggunakan ANAVA. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran direct dan pendekatan pembelajaran indirect terhadap hasil free throw, p-value= 0,045 lebih kecil dari 0,05. (2) ada perbedaan pengaruh peningkatan hasil free throw antara mahasiswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan rendah, p-value= 0,035 lebih kecil dari 0,05. (3) ada pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan koordinasi mata tangan terhadap peningkatan hasil free throw, p-value= 0,012 lebih kecil dari 0,05. kesimpulan sebagai berikut (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran direct dan indirect terhadap peningkatan hasil free throw. (2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan peningkatan hasil free throw antara mahasiswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan mata tangan rendah. (3) Ada pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan koordinasi mata tangan terhadap peningkatan hasil free throw bola basket. Kata kunci: free throw bola basket, koordinasi mata tangan, direct dan indirect, Penelitian eksperimen.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 06 Jan 2018 09:28
    Last Modified: 06 Jan 2018 09:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39038

    Actions (login required)

    View Item