PENGARUH INTENSITAS KEBISINGAN DAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG TELINGA (APT) TERHADAP AMBANG PENDENGARAN PADA PEKERJA BAGIAN WEAVING PT. ISKANDARTEX SURAKARTA

NURWAHID, MOH. DEDY (2018) PENGARUH INTENSITAS KEBISINGAN DAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG TELINGA (APT) TERHADAP AMBANG PENDENGARAN PADA PEKERJA BAGIAN WEAVING PT. ISKANDARTEX SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (389Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Mohamad Dedy Nurwahid, R0213039, 2017. Pengaruh Intensitas Kebisingan dan Kepatuhan Penggunaan APT terhadap Ambang Pendengaran pada Pekerja Bagian Weaving PT. Iskandartex Surakarta. Latar Belakang : Mesin weaving merupakan salah satu sumber bising lingkungan kerja industri tekstil. Intensitas kebisingan yang melebihi NAB dapat mengganggu atau membahayakan kesehatan terutama pada pendengaran. Penggunaan alat pelindung telinga (APT) saat bekerja di area yang bising dapat mengurangi paparan langsung. Pekerja yang diwawancarai mengalami gangguan berkomunikasi saat berada diluar area bising dan hasil pengamatan tidak menggunakan alat pelindung telinga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas kebisingan dan kepatuhan penggunaan alat pelindung telinga (APT) terhadap ambang pendengaran pada pekerja bagian weaving PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta. Metode Penelitian : penelitian ini merupakan penelitian Observasional Analitik dengan pendekatan Cross Sectional, dengan populasi 63 orang dengan sampel penelitian 41 tenaga kerja wanita. Kebisingan diukur menggunakan sound level meter, ambang dengar diukur dengan alat audiometer dan untuk menilai kepatuhan penggunaan alat pelindung telinga (APT) menggunakan critical behavior cheklist. Analisa statistik bivariat menggunakan korelasi spearmen. Hasil : Hasil uji statistik hubungan intensitas kebisingan dengan ambang pendengaran adalah signifikan dengan p = 0,048 untuk telinga kiri namun untuk telinga kanan hasilnya tidak signifikan yaitu p= 0,060. Adapun hasil uji statistik dari hubungan kepatuhan penggunaan alat pelindung telinga (APT) dengan ambang dengar telinga kanan adalah siginfikan p = 0,021 dan p = 0,025 untuk telinga kiri, hasil arah korelasi yang negatif (-) yaitu r = -0,360 dan r = -0,350 untuk masing-masing telinga secara berurutan. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara kebisingan dan kepatuhan penggunaan alat pelindung telinga dengan ambang dengar, namun tidak dapat diketahui pengaruh variabel bebas mana yang lebih mempengaruhi terhadap ambang pendengaran. Kata Kunci : Intensitas Kebisingan, Penggunaan Pelindung Telinga, Ambang Pendengaran dan Pekerja Weaving.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D4 - Keselamatan Kerja
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 05 Jan 2018 22:23
    Last Modified: 05 Jan 2018 22:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39026

    Actions (login required)

    View Item