Analisis Efisiensi Pemasaran Cabai Keriting di Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung

F, MUHAMMAD YUSUF (2018) Analisis Efisiensi Pemasaran Cabai Keriting di Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (266Kb)

    Abstract

    ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN CABAI KERITING DI KECAMATAN BULU KABUPATEN TEMANGGUNG Muhammad Yusuf Fauzan1, Setyowati2, R.R. Aulia Qonita3 Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran, mengkaji peran dan fungsi lembaga pemasaran, menganalisis biaya dan keuntungan pemasaran cabai keriting serta menganalisis margin dan mengkaji saluran pemasaran cabai keriting di Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung yang paling efisien secara ekonomi. Metode dasar penelitian adalah adalah deskriptif analitis dengan teknik survey. Penentuan lokasi dilakukan secara purposive yaitu di Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Metode pengambilan sampel petani menggunakan proporsional random sampling sebanyak 40 responden petani sedangkan metode pengambilan sampel pedagang menggunakan snowball sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan pencatatan. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis untuk mengkaji saluran pemasaran. Analisis usahatani dengan perhitungan cost margin analysis, R/C rasio dan Farmer’s share. Saluran pemasaran cabai keriting di Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung terdapat tiga saluran. Lembaga pemasaran cabai keriting di Kabupaten Temanggung terdiri dari : pedagang pengumpul, pedagang besar dan, pedagang pengecer. Total biaya pemasaran saluran pemasaran Berdasarkan persentase margin pemasaran dan farmer’s share diketahui saluran pemasaran yang ke II adalah saluran pemasaran yang paling efisien dengan margin pemasaran Rp. 1.187,00 dengan persentase margin pemasaran 8,33% dan farmer’s share 91,66%. Kata Kunci : Cabai keriting, Usahatani, Pemasaran, Efisiensi, R/C Ratio, Farmer’s share. Catatan: 4. Mahasiswa 5. Pembimbing Utama 6. Pembimbing Pendamping

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 05 Jan 2018 22:00
    Last Modified: 05 Jan 2018 22:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39020

    Actions (login required)

    View Item