MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHITUNG BILANGAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI CANGKRINGAN KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2009/2010

MAULIDA, NAILA (2010) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHITUNG BILANGAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI CANGKRINGAN KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (406Kb)

    Abstract

    Upaya pembaruan pendidikan telah banyak dilakukan oleh Pemerintah, diantaranya melalui seminar, lokakarya, dan pelatihan-pelatihan dalam rangka pemantapan materi pelajaran serta metode pembelajaran bidang studi tertentu misalnya IPA, matematika dan lain-lain. Sudah banyak usaha yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia khususnya pendidikan matematika di sekolah, namun belum menampakkan hasil yang memuaskan, baik ditinjau dari proses pembelajarannya maupun dari hasil belajarnya. Dari beberapa mata pelajaran yang disajikan pada sekolah dasar, matematika adalah salah satu mata pelajaran yang menjadi kebutuhan sistem dalam melatih penalarannya. Melalui pengajaran matematika diharapkan akan menambah kemampuan mengembangkan keterampilan dan aplikasinya. Selain itu matematika adalah sarana berpikir dalam menentukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, bahkan matematika merupakan metode berfikir logis, matematis, dan konstan. Oleh karenanya semua masalah kehidupan yang membutuhkan pemecahan secara cermat dan teliti selalu harus merujuk pada matematika. Berdasarkan kenyataan di SD Negeri Cangkringan Kecamatan banyudono Kabupaten Boyolali tidak semua mata pelajaran disenangi oleh siswa, salah satunya adalah matematika. Matematika itu sulit, itulah anggapan beberapa siswa di sekolah dasar, sehingga hal ini sangat mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa. Sementara itu kebanyakan guru dalam mengajar masih kurang memperhatikan kemampuan berpikir siswa, metode yang digunakan kurang bervariasi. Oleh karena itu dibutuhkan ketekunan, keuletan, perhatian untuk memahami materi pembelajaran matematika. Hal itu antara lain terjadi karena beberapa faktor salah satunya adalah cara pembelajaran yang dilakukan sekarang ini didasarkan pada anggapan bahwa pengetahuan itu bisa ditransfer dari pikiran seseorang ke pikiran orang lain. Selama pembelajaran berlangsung metode yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah dan siswa tidak pernah mengajukan protes atau bertanya. Diskusi kelas jarangdilaksanakan secara interaktif dan alat peraga jarang digunakan. Padahal alat peraga dapat membantu siswa memahami materi matematika umumnya bersifat abstrak. Sehingga diperlukan suatu pemahaman terhadap pembelajaran dalam pendidikan matematika dimana siswa ikut aktif dalam pembelajaran. Berkaitan dengan masalah-masalah di atas pada pembelajaran yang terjadi di SD Negeri Cangkringan tempat melakukan observasi awal ditemukan beberapa permasalahan antara lain : 1. Masih dominannya guru dalam pembelajaran. 2. Siswa jarang atau hanya sebagian kecil yang mengajukan pertanyaan. 3. Guru masih kurang menerapkan model pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. 4. Rendahnya interaksi pembelajaran dan prestasi belajar sering dijumpai. Dari gambaran di atas menunjukkan bahwa pembelajaran matematika perlu diperbaiki guna meningkatkan hasil belajar khususnya meningkatkan keterampilan menghitung. Mengingat pentingnya matematika dalam menghitung dari krusial / sulitnya permasalahan dalam matematika. Idealnya usaha ini dimulai dari pembenahan proses pembelajaran yang dilakukan guru dengan menawarkan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat lebih membuat siswa aktif dan terampil dalam pembelajaran pada khususnya dan meningkatkan prestasi pada umumnya. Salah satu cara menerapkan pendekatan pembelajaran yang mengembangkan potensi secara maksimal. Selain itu mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dan penerapannya dalam kehidupan mereka sendiri-sendiri. Sehubungan dengan hal itu maka diperlukan upaya-upaya yang efektif dan efisien baik dari guru maupun dari orang tua untuk mengubah pandangan bahwa matematika sulit menjadi pelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Pemilihan pendekatan mengajar pada pembelajaran matematika adalah penting dengan salah satu pendekatan yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan menghitung adalah pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Pendekatan kontekstual atau contextual teaching and learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga masyarakat (http//ipotes.wordpress.com/pendekatankontekstual). Dalam penelitian ini model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah dengan pendekatan kontekstual, karena pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual, membeberkan peluang pada siswa untuk aktif mengkonstruksi pengetahuan matematika. Dalam menyelesaikan suatu masalah yang dimulai dari masalah yang dapat dibayangkan oleh siswa, siswa diberi kebebasan menemukan strategi sendiri untuk menyelesaikan masalah. Contextual Teaching Learning juga merupakan suatu proses pengajaran yang bertujuan untuk membantu siswa memahami materi pelajaran yang sedang mereka pelajari dengan menghubungkan pokok materi pelajaran dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehubungan dengan latar belakang di atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Meningkatkan Keterampilan Menghitung Bilangan Pecahan Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cangkringan Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010”.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Budhi Kusumawardana Julio
    Date Deposited: 14 Jul 2013 19:45
    Last Modified: 14 Jul 2013 19:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3901

    Actions (login required)

    View Item