STUDI KORELASI ANTARA VOCABULARY MASTERY, GRAMMAR MASTERY DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X RSBI SMA NEGERI 2 NGAWI MATERI POKOK IKATAN KIMIA TAHUN AJARAN 2009/2010

Handayani, Sri (2010) STUDI KORELASI ANTARA VOCABULARY MASTERY, GRAMMAR MASTERY DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X RSBI SMA NEGERI 2 NGAWI MATERI POKOK IKATAN KIMIA TAHUN AJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (659Kb)

    Abstract

    Sri Handayani. Studi Korelasi antara Vocabulary Mastery, Grammar Mastery dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X RSBI SMA Negeri 2 Ngawi Materi Pokok Ikatan Kimia Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Januari, 2010. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Korelasi antara Vocabulary Mastery dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X RSBI SMA Negeri 2 Ngawi materi pokok Ikatan Kimia Tahun Ajaran 2009/2010, (2) Korelasi antara Grammar Mastery dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X RSBI SMA Negeri 2 Ngawi materi pokok Ikatan Kimia Tahun Ajaran 2009/2010 (3) Korelasi antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X RSBI SMA Negeri 2 Ngawi materi pokok Ikatan Kimia Tahun Ajaran 2009/2010 dan (4) Korelasi antara Vocabulary Mastery, Grammar Mastery dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X RSBI SMA Negeri 2 Ngawi materi pokok Ikatan Kimia Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelatif. Populasi adalah seluruh kelas X SMA N 2 Ngawi tahun pelajaran 2009/2010, sejumlah 10 kelas. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 1 kelas. Teknik pengumpulan data vocabulary mastery, grammar mastery dan prestasi belajar kognitif digunakan metode tes, sedangkan motivasi berprestasi diukur dengan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat korelasi antara Vocabulary Mastery dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X RSBI SMA Negeri 2 Ngawi materi pokok Ikatan Kimia Tahun Ajaran 2009/2010, dengan indeks korelasi 0,371, bentuk korelasi positif, semakin tinggi vocabulary mastery maka prestasi belajar kimia cenderung semakin tinggi, (2) tidak terdapat korelasi antara Grammar Mastery dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X RSBI SMA Negeri 2 Ngawi materi pokok Ikatan Kimia Tahun Ajaran 2009/2010, (3) terdapat korelasi antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X RSBI SMA Negeri 2 Ngawi materi pokok Ikatan Kimia Tahun Ajaran 2009/2010, dengan indeks korelasi 0,394, bentuk korelasi positif, semakin tinggi motivasi berprestasi, maka prestasi belajar kimia cenderung semakin tinggi, dan (4) tidak terdapat korelasi antara Vocabulary Mastery, Grammar Mastery dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X RSBI SMA Negeri 2 Ngawi materi pokok Ikatan Kimia Tahun Ajaran 2009/2010, karena yang berkorelasi dengan prestasi belajar kimia adalah vocabulary mastery dan motivasi berprestasi, sedangkan grammar mastery tidak berkorelasi. Sumbangan vocabulary mastery dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar kimia, berdasarkan pembahasan yang telah disampaikan adalah: (a) sumbangan relatif vocabulary mastery = 45,83%, (b) sumbangan relatif motivasi berprestasi = 54,17%, (c) sumbangan efektif vocabulary mastery = 10,69%, dan (d) sumbangan efektif motivasi berprestasi = 12,63%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faisal Adhinata
    Date Deposited: 14 Jul 2013 19:47
    Last Modified: 14 Jul 2013 19:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3900

    Actions (login required)

    View Item