ANALISA DISTRIBUSI TEGANGAN PADA CAST WHEEL HONDA SUPRA X 125 TERHADAP BEBAN STATIK DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BERBASIS OPEN SOURCE ELMER 8.2

PRAKOSO, WACHID SEDYO (2018) ANALISA DISTRIBUSI TEGANGAN PADA CAST WHEEL HONDA SUPRA X 125 TERHADAP BEBAN STATIK DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BERBASIS OPEN SOURCE ELMER 8.2. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1352Kb)

    Abstract

    Velg merupakan bagian dari motor supaya,agar motor dapat bergerak maju maupun mundur. Velg yang sering beredar di pasaran yaitu cast wheel. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui distribusi tegangan pada cast wheel Honda Supra X 125 terhadap beban statik. Cast wheel yang diuji memiliki ukuran diameter sebesar 17 inch dengan palang pada cast wheel sebanyak 5. Material yang digunakan adalah Aluminum Alloy 6061 dengan massa jenis dari material yang digunakan pada cast wheel sebesar 2700 kg/m3 serta ultimate tensile strength sebesar 310 MPa. Cast wheel tersebut memiliki yield strength sebesar 276 MPa dan modulus of elasticity sebesar 68,9 GPa. Simulasi ini menggunakan software open source Elmer 8.2 untuk mendapatkan hasil dari distribusi tegangan. Meshing yang dilakukan pada saat simulasi menggunakan meshing triangular. Untuk pembebanan diberikan oleh pembebanan dari motor tersebut, beban dari penumpang,beban toleransi serta terdapat cast wheel tersebut mendapat tekanan dari tekanan udara dalam ban sebesar 35 Psi. Setelah dilakukan simulasi cast wheel menggunakan software open source Elmer 8.2 menghasilkan tegangan maksimum sebesar 5 × 106 Pa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 05 Jan 2018 10:57
    Last Modified: 05 Jan 2018 10:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38986

    Actions (login required)

    View Item