HUBUNGAN MINAT DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM DIPLOMA III HIPERKES DAN KESELAMATAN KERJA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Widiyatmo, Agus (2010) HUBUNGAN MINAT DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM DIPLOMA III HIPERKES DAN KESELAMATAN KERJA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (358Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Menganalisa hubungan antara minat dengan prestasi belajar mata kuliah Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja; (2) Menjelaskan hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar mata kuliah Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja; (3) Menjelaskan hubungan antara minat dan motivasi dengan prestasi belajar mata kuliah Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jenis penelitian deskriptif analitik yang menggunakan rancangan korelasi. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester II Program D-III Hiperkes dan Keselamatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret berjumlah 106 orang. Sampel penelitian berjumlah 86 mahasiswa yang diambil secara random. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi dan regresi linier ganda. Data variabel penelitian telah telah dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji Normalitas, uji Linieritas, uji Independensi dan uji Homocedasticity. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Ada hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar mata kuliah Sistem Manajemen K3 dengan nilai r = 0,274 dan p = 0,011 (p < 0,05); (2) Ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mata kuliah Sistem Manajemen K3 dengan nilai r = 0,263 dan p = 0,014 (p < 0,05); (3) Ada hubungan antara minat belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata kuliah Sistem Manajemen K3 dengan nilai F = 6,889 dan p = 0,002 (p < 0,05). Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa tingginya minat belajar dan motivasi belajar secara bersamaan akan meningkatkan prestasi belajar; maka untuk meningkatkan prestasi belajar sebaiknya sejak awal perkuliahan dosen perlu menumbuhkan minat belajar dan motivasi belajar pada mahasiswa sehingga diharapkan prestasi belajar akan meningkat. Kata kunci : Minat Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Budhi Kusumawardana Julio
    Date Deposited: 14 Jul 2013 19:42
    Last Modified: 14 Jul 2013 19:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3898

    Actions (login required)

    View Item