PERSEPSI PENONTON TERHADAP PENCITRAAN DALAM REALITY SHOW (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Penonton Terhadap Pencitraan dalam Reality Show 86 NET TV di Kalangan Anggota PERHUMAS Muda Yogyakarta)

R, SHOFYA (2018) PERSEPSI PENONTON TERHADAP PENCITRAAN DALAM REALITY SHOW (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Penonton Terhadap Pencitraan dalam Reality Show 86 NET TV di Kalangan Anggota PERHUMAS Muda Yogyakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (844Kb)

    Abstract

    ABSTRAKSI SHOFYA RHAMADHANINGTYAS. D0212095. PERSEPSI PENONTON TERHADAP PENCITRAAN REALITY SHOW (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Penonton terhadap Pencitraan dalam Reality Show 86 NET TV di Kalangan Anggota PERHUMAS Muda Yogyakarta) Televisi merupakan media massa populer di masyarakat. Tanpa televisi sebuah rumah dapat dikatakan belum terasa lengkap. Kepopuleran televisi tak terlepas dari program-program hiburan yang disajikan. Program hiburan yang cukup banyak disiarkan televisi yakni reality show. Salah satu program reality show yang popular di televisi yakni 86 yang tayangan di NET TV. Program ini menampilkan keseharian pekerjaan seorang polisi mulai dari menertibkan lalu lintas sampai penggerebekan kriminal kelas kakap. Selain itu, 86 juga menyajikan sisi lain dari polisi sebagai manusia biasa. Tak ayal tayangan ini sebagian besar menampilkan sisi baik seorang polisi. Pihak NET TV sendiri mengakui tayangan ini hanya menampilkan sisi baik seorang polisi, yang mana berarti memuat unsur pencitraan polisi. Pesan pencitraan ini nantinya akan dipersepsi oleh para penonton. PERHUMAS Muda Yogyakarta sebagai organisasi yang menaungi orang-orang yang tertarik dan memiliki pengetahuan tentang public relation diasumsikan persepsinya akan berbeda dibanding masyarakat umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan 7 narasumber anggota PERHUMAS Muda Yogyakarta yang aktif menonton program 86. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini yakni trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi anggota PERHUMAS Muda Yogyakarta tentang pencitraan polisi dalam reality show 86 NET TV, diantaranya:1) Persepsi penonton terhadap citra polisi yang ingin dibangun melalui reality show cukup variatif, baik dari sifat maupun penampilan fisik. 86. 2) Pencitraan polisi dipersepsi kurang sesuai dengan kenyataan. 3) Pencitraaan polisi dipersepsi sudah cukup baik hanya saja kurang natural. 4) Faktor yang mempengaruhi persepsi yakni pengalaman masa lalu, lingkungan tempat tinggal, keluarga dan pendidikan. Untuk membangun persepsi penonton agar lebih positif terhadap pencitraan polisi dalam reality show 86, disarankan pencitraan yang dikemas secara natural dan tidakk terlalu berbeda dengan realitas. Kata Kunci : Persepsi, Penonton, Televisi, Reality Show, Pencitraan Polisi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 05 Jan 2018 10:26
    Last Modified: 05 Jan 2018 10:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38975

    Actions (login required)

    View Item