PENGARUH TEKANAN AKADEMIK TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET

RAHMAWATI, SAKINATUR (2018) PENGARUH TEKANAN AKADEMIK TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (301Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sakinatur Rahmawati. “PENGARUH TEKANAN AKADEMIK TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUANAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET” Skripsi; Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekanan akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa FKIP UNS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap 131 mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruanan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Teknik sampling yang digunakan adalah simple purposive random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil uji t menunjukan nilai probabilitas tekanan akademik terhadap prestasi akademik adalah 0,000 nilai probilitas tersebut lebih kecil dari 0,05.Nilai ini berarti tekanan akademik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruanan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 0,125. Hal ini berarti bahwa 12,5% prestasi akademik dipengaruhi oleh tekanan akademik sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara tekanan akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruanan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Kata kunci: Mahasiswa, prestasi akademik, tekanan akademik. ABSTRACT Sakinatur Rahmawati. ”THE RELATIONSHIP OF ACADEMIC PRESSURE ON ACADEMIC ACHIEVEMENT ECONOMIC EDUCATION STUDENT OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION FACULTY SEBELAS MARET UNIVERSITY” Thesis; Surakarta: Teacher Training and Education Faculty. Sebelas Maret University Surakarta. July 2017. This study aimed to determine the relationship of academic pressure on academic achievement Economic Education student of Teacher Training and Education Faculty Sebelas Maret University. This research used quantitative descriptive method. A total of 131 college students randomly selected from all collage students in Economic Education Faculty of Teaching Training and Education Faculty Sebelas Maret University participated in the study. . The sampling technique used is a simple purposive random sampling. Data collection used questionnaire method and documentation. Data analysis technique used is simple regression analysis. The result of t test shows the probability value of academic pressure toward academic achievement is 0.000. The value was less than 0.05. Thus, the academic pressure has a significant influence on academic achievement. While the coefficient of determination of 0.125. This means that 12.5% of academic achievement is influenced by academic pressure while the rest is influenced by other factors. The results showed a significant influence between academic pressure and academic achievement. Keywords: Academic achievement, academic pressure, students college.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 05 Jan 2018 10:09
    Last Modified: 05 Jan 2018 10:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38970

    Actions (login required)

    View Item