efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Aritmatika Digital Dalam Model Discovery Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Sistem Komputer Kelas X Multimedia SMKN 6 Surakarta

Mufidah, Rofifah Nur (2018) efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Aritmatika Digital Dalam Model Discovery Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Sistem Komputer Kelas X Multimedia SMKN 6 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (512Kb)

    Abstract

    Rofifah Nur Mufidah. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID ARITMATIKA DIGITAL DALAM MODEL DISCOVERY BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISTEM KOMPUTER KELAS X MULTIMEDIA SMKN 6 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Sebelas Maret, 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis android Aritmatika Digital dalam model discovery based learning terhadap prestasi belajar sistem komputer. (2) perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diberikan tindakan penggunaan media pembelajaran berbasis android aritmatika digital dalam model discovery based learning (3) Perbedaan aktivitas siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 6 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar. Metode observasi untuk mengetahui perbedaan aktivitas. Analisis data yang digunakan uji non parametrik menggunakan mann whitney dan Wilcoxon rank test. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan prestasi belajar ditinjau dari nilai posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan hasil nilai sig lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 yaitu 0,000 < 0,005. Kedua, penggunaan media pembelajaran berbasis android dengan model discovery based learning lebih efektif, dengan peningkatan nilai gain sebesar 0,70. Sedangkan pembelajaran konvensional memberikan peningkatan sebesar 0,40. Ketiga, terdapat perbedaan aktivitas siswa. Kelas eksperimen dengan persentase 79,75% termasuk ke dalam aktivitas siswa kategori baik dan kelas kontrol dengan persentase 63,50% yang termasuk ke dalam kategori aktivitas siswa cukup. Kata kunci : Efektivitas, Android, Aritmatika Digital, Model discovery based learning, Prestasi belajar siswa, Aktivitas belajar siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 05 Jan 2018 10:02
    Last Modified: 05 Jan 2018 10:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38967

    Actions (login required)

    View Item