analisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk susu segar di The Milk Cafe Boyolali

Parawani, Oktavia Niken (2018) analisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk susu segar di The Milk Cafe Boyolali. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (495Kb)

    Abstract

    ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK SUSU SEGAR DI THE MILK CAFE BOYOLALI Oktavia Niken Parawani(1), Heru Irianto(2), Mei Tri Sundari(3) Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta Email: oktavianikenp@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian produk susu segar di The Milk Cafe Boyolali dan mengetahui variabel yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian produk susu segar di The Milk Cafe Boyolali. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik. Metode penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan metode purposive. Lokasi yang dijadikan tempat penelitian yaitu The Milk Cafe Boyolali Desa Kemiri, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali karena merupakan cafe pusat dari beberapa cabang yang ada. Jumlah sampel ditetapkan lima kali jumlah variabel, sesuai yang disarankan untuk analisis faktor bahwa jumlah sampel yaitu empat sampai dengan lima kali jumlah variabel. Maka, penelitian ini mengambil 100 sampel karena menggunakan 20 variabel sebagai indikator penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder dan analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa dari 20 variabel yang dianalisis dapat disederhanakan menjadi 17 variabel dan tercakup dalam 6 faktor inti. Faktor tersebut berdasarkan prioritasnya adalah faktor produk dengan presentase varians sebesar 31,356%, faktor harga dan kekentalan dengan presentase varians sebesar 8,751%, faktor kenyamanan dengan presentase varians sebesar 7,487%, faktor promosi dengan presentase varians sebesar 7,212%, faktor lokasi dan ukuran dengan presentase varians sebesar 6,456%, serta faktor tempat dan rasa dengan presentase varians sebesar 5,912%. Sedangkan variabel yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian produk susu segar di The Milk Cafe Boyolali adalah variabel ketersediaan produk dengan factor loading sebesar 0,840. Kata Kunci: Analisis Faktor, Keputusan Pembelian, Konsumen, Kabupaten Boyolali, Produk Susu Segar Keterangan: (1) Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UNS (2) Dosen Pembimbing Utama (3) Dosen Pembimbing Pendamping ANALYZED CONSIDERED FACTORS BY CONSUMERS IN BUYING FRESH MILK PRODUCT AT THE MILK CAFE BOYOLALI Oktavia Niken Parawani(1), Heru Irianto(2), Mei Tri Sundari(3) Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta Email: oktavianikenp@gmail.com ABSTRACT The aims of this research is to know what factors considered by consumers and what dominant variables which finally consumers decide to buy fresh milk product at The Milk Cafe Boyolali. Method used in this research is descriptive analysis, and use a purposive location as the sampling method. The location used as the place of research is The Milk Cafe Boyolali Kemiri Village, Mojosongo Village, Boyolali District, Boyolali District because it is a central cafe of several existing branches. . The method used to choose the sample is judgement sampling. The sample is chosen based on the size of sample for analysis factor at least four or five times of total research. So, this research takes 100 samples based on 20 variables as the indicators. The data source is primary and secondary data and data analysis used in this research is factor analysis. The results shows, from 20 variables analyzed, it could be reduced until 17 variables and divided into 6 core factors. The factors based on priority are product with percentage of variant 31,356%, price and viscosity with percentage of variant 8,751%, convience with percentage of variant 7,487%, promotion with percentage of variant 7,212%, location and size with percentage of variant 6,456%, and also place and taste with percentage of variant 5,912%. The dominant variable considered by consumers in buying decision of fresh milk products at The Milk Cafe Boyolali is availability of products with factor loading as 0,840. Keywords: Factor Analysis, Buying Decision, Boyolali District, Fresh Milk Product

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 05 Jan 2018 09:31
    Last Modified: 05 Jan 2018 09:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38956

    Actions (login required)

    View Item