PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN IRINGAN MUSIK KLASIK UNTUK MENINGKATKAN

SUDARYANI, NINING (2018) PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN IRINGAN MUSIK KLASIK UNTUK MENINGKATKAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (212Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nining Sudaryani. PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN IRINGAN MUSIK KLASIK DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SIDOMUKTI . Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2015. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) dengan iringan musik klasik dalam meningkatkan pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN 1 Sidomukti tahun ajaran 2014/2015. (2) Mendeskripsikan peningkatan pembelajaran dengan penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) dengan iringan musik klasik dalam meningkatkan pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN 1 Sidomukti tahun ajaran 2014/2015. (3) Mendeskripsikan kendala dan solusi pada penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) dengan iringan musik klasik dalam pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN 1 Sidomukti tahun ajaran 2014/2015. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, anecdotal record, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan model TGT dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana siswa kelas V SDN 1 Sidomukti tahun ajaran 2014/2015 dengan langkah: presentasi dengan iringan musik klasik, kerja tim dengan iringan musik klasik, game akademik dengan iringan musik klasik, dan penghargaan tim,(2) Penggunaan model TGT dengan iringan musik klasik dapat dilihat melalui peningkatan tiap siklusnya.dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar,yaitu siklus I mencapai 72,22% dan pada siklus II mencapai 83,33%, sedangkan siklus III mencapai 94,44%, (3) Kendala yang dihadapi: (a) pada setiap pertemuan masih ditemukan siswa yang pasif, kurang percaya diri, kurang fokus, dan tidak mematuhi tata tertib atau aturan yang telah disepakati antara siswa dan guru; (b) siswa juga kurang cermat dalam menyelesaikan tugas yang telah diberikan guru sehingga membuat hasil belajar siswa tidak maksimal; (c) persentase ketuntasan siswa sering tidak memenuhi indikator kinerja penelitian. Solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) guru memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif dan memberikan penguatan dengan kata-kata, maupun hadiah pada siswa yang mau aktif; (b) guru mengarahkan siswa untuk lebih fokus pada pembelajaran dengan sikap yang lebih tegas; (c) guru membuat aturan tata tertib yang lebih tegas, serta guru mengadakan remidi untuk siswa yang belum tuntas di pertemuan yang persentase ketuntasannya belum mencapai indikator kinerja. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model TGT dengan iringan musik klasik dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana untuk siswa kelas V SDN 1 Sidomukti tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: Model TGT, Musik Klasik, IPA

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 04 Jan 2018 23:48
    Last Modified: 04 Jan 2018 23:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38949

    Actions (login required)

    View Item