Pengaruh Implementasi Full Day School dan Lingkungan Sekolah Terhadap Perkembangan Sosial SMA IT Nur Hidayah Kartasura

, MUHTADIN (2018) Pengaruh Implementasi Full Day School dan Lingkungan Sekolah Terhadap Perkembangan Sosial SMA IT Nur Hidayah Kartasura. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (753Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muhtadin. K7413112. PENGARUH IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA SMA IT NUR HIDAYAH KARTASURA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh implementasi full day school dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap perkembangan sosial siswa SMA IT Nur Hidayah Kartasura; (2) pengaruh implementasi full day school terhadap perkembangan sosial siswa SMA IT Nur Hidayah Kartasura; dan (3) pengaruh lingkungan sekolah terhadap perkembangan sosial siswa SMA IT Nur Hidayah Kartasura. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA IT Nur Hidayah Kartasura. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional stratified random sampling sebanyak 84 siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket atau kuesioner untuk mengetahui full day school, lingkungan sekolah, dan perkembangan sosial siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan implementasi full day school dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap perkembangan sosial siswa SMA IT Nur Hidayah Kartasura (Fhitung 43,629 > Ftabel 2,37) sebesar 51,9%. Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan implementasi full day school terhadap perkembangan sosial siswa SMA IT Nur Hidayah Kartasura (thitung 2,871 > ttabel 1,663) sebesar 9,24%. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap perkembangan sosial siswa SMA IT Nur Hidayah Kartasura (thitung 6,140 > ttabel 1,663) sebesar 31,8%. Kata Kunci : full day school, lingkungan sekolah, perkembangan sosial ABSTRACT Muhtadin. K7413112. THE INFLUENCE OF FULL DAY SCHOOL IMPLEMENTATION AND SCHOOL ENVIRONMENT TOWARD THE SOCIAL DEVELOPMENT OF THE STUDENTS SMA IT NUR HIDAYAH KARTASURA. Thesis, Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education of Sebelas Maret University, Oktober 2017. The purposes of this study are to know the presence or absence: (1) the influence of both full day school implementation and school environment toward the social development of the students SMA IT Nur Hidayah Kartasura, (2) the influence of full day school implementation toward the social development of the students SMA IT Nur Hidayah Kartasura, (3) the influence of school environment toward the social development of the students SMA IT Nur Hidayah Kartasura. The kind of this study is descriptif with the population of this study are all students SMA IT Nur Hidayah. This research uses proportional stratified random sampling as the technique of collecting sample for 84 students. Technique collecting data is conducted using questionnaire technique, aims to know full day school implementation, school environment, and the social development of students. Multiple regression analysis is used as technique of analyzing data. The results show that: first, there is a positive and significant both full day school implementation and school environment toward the social development of students SMA IT Nur Hidayah Kartasura (Fcount 43,629 > Ftable 2,37) for 51,9%. Second, there is positive and significant influence of full day school implementation toward the social development of the students SMA IT Nur Hidayah Kartasura (Fcount 2,871 > Ftable 1,663) for 9,24%. Third, there is positive and significant influence of school environment toward the social development of students SMA IT Nur Hidayah Kartasura (Fcount 6,140 > Ftable 1,663) for 31,8%. Keywords: full day school, school environment, social development of students

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 04 Jan 2018 23:10
    Last Modified: 04 Jan 2018 23:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38945

    Actions (login required)

    View Item