PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN BUS ANTAR KOTA ANTAR PROVINSI (STUDI PADA PT. ROSALIA INDAH TRANSPORT)

SHAFII, M SHOYYIN (2018) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN BUS ANTAR KOTA ANTAR PROVINSI (STUDI PADA PT. ROSALIA INDAH TRANSPORT). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (107Kb)

    Abstract

    M Shoyyin Shafii. 2017. E0013264. PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN BUS ANTAR KOTA ANTAR PROVINSI (STUDI PADA PT. ROSALIA INDAH TRANSPORT). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perlindungan hukum bagi konsumen PT. Rosalia Indah Transport berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Penelitian ini adalah penelitian hukum yang bersifat preskriptif dan terapan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach). Sumber penelitian hukum ini yaitu bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Pengumpulan bahan hukum yang dilakukan oleh penulis adalah mencari peraturan perundang-undangan mengenai atau yang berkaitan dengan perlindungan hukum konsumen PT. Rosalia Indah Transport. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa Berdasarkan 9 (sembilan) hak yang telah diatur di dalam Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan belum semuanya dipenuhi oleh PT. Rosalia Indah Transport. Terutama untuk hak atas keamanan, kenyamanan, dan keselamatan serta hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang/dan atau jasa. Kemudian Banyak upaya-upaya yang dapat ditempuh mengenai penyelesaian sengketa konsumen bus PT. Rosalia Indah Transport akibat tidak dipenuhi hak-haknya sebagai konsumen, mulai dari penyelesaian secara damai, melalui BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen), hingga jalur pengadilan. Baik bagi pemerintah, masyarakat maupun PT. Rosalia Indah Transport harus saling bahu-membahu dalam menegakan hukum yang sudah menjadi dasar perlindungan hukum terhadap konsumen bus di Indonesia. Bagi pemerintah melaksanakan kewajiabannya untuk memenuhi sarana-prasarana yang memadai dan melakukan pengawasan, bagi masyarakat harus selalu sadar akan hak dan kewajibannya sebagai konsumen, serta bagi PT. Rosalia Indah Transport dalam menjalankan kegiatan usahanya harus lebih mengedepankan kembali apa yang telah menjadi hak-hak konsumennya. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Konsumen, BPSK, Bus, UUPK

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 04 Jan 2018 22:56
    Last Modified: 04 Jan 2018 22:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38941

    Actions (login required)

    View Item