PENGGUNAAN MODEL REACT MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DITINJAU DARI KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMAN 2 SUKOHARJO

Pangesti, Janantika Pramuditya (2018) PENGGUNAAN MODEL REACT MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DITINJAU DARI KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMAN 2 SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (388Kb)

    Abstract

    Janantika Pramuditya Pangesti. PENGGUNAAN MODEL REACT MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DITINJAU DARI KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMAN 2 SUKOHARJO. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya: (1) Perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran REACT melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa, (2) Perbedaan pengaruh keterampilan proses sains siswa kategori tinggi, dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa, (3) Interaksi pengaruh antara penerapan metode pembelajaran dengan kemampuan proses sains siswa terhadap kemampuan kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Sukoharjo. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik observasi, dan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Tidak ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran REACT melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Alat Optik (FA = 0,7936 < F0.05; 1; 63 = 3,99), (2) Ada perbedaan pengaruh antara ketrampilan proses sains siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Alat Optik (FB = 57.3246 > F0.05; 1; 63 = 3.99). Siswa yang mempunyai ketrampilan proses sains kategori tinggi memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan kognitif Fisika dari pada siswa yang mempunyai ketrampilan proses sains kategori rendah, (3) Tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan metode pembelajaran dan ketrampilan proses sains siswa terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Alat Optik (FAB = 1.1547 < F0.05; 1; 63 = 3.99). Penerapan model pembelajaran REACT melalui metode eksperimen maupun demonstrasi dan ketrampilan proses sains siswa memberikan pengaruh sendiri-sendiri terhadap kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran Fisika sub materi Alat Optik. Kata kunci: REACT, Eksperimen, Demonstrasi, Ketrampilan Proses Sains, Alat Optik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 04 Jan 2018 22:30
    Last Modified: 04 Jan 2018 22:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38934

    Actions (login required)

    View Item