POLA HUBUNGAN ANTARA TENGKULAK DAN PETANI TEMBAKAU DI LERENG GUNUNG SINDORO SUMBING (Studi Kasus Desa Pagergunung Kecamatan Bulu dan Desa Gentingsari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung)

NUGROHO, ARIF (2018) POLA HUBUNGAN ANTARA TENGKULAK DAN PETANI TEMBAKAU DI LERENG GUNUNG SINDORO SUMBING (Studi Kasus Desa Pagergunung Kecamatan Bulu dan Desa Gentingsari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (380Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik rumah tangga petani tembakau dan tengkulak dan menganalisis hubungan diantara keduanya. Lokasi penelitian adalah di Desa Pagergunung, Kecamatan Bulu dan desa Gentingsari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Lokasi penelitian dipilih dengan teknik purposive. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptive dengan pendekatan kualitatif. Sebanyak 16 rumah tangga dipilih sebagai informan dengan menggunakan snowball sampling di dua desa yaitu Pagergunung dan Bansari. Jumlah informan tersebut adalah sebanyak 8 rumah tangga pada masing-masing desa. Triangulasi sumber dan metode digunakan untuk memvalidasi data. Teknik-teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan perbedaan karakteristik rumah tangga (pendidikan, pendapatan, dan lainnya), kualitas tembakau, dan pola hubungan petani dan tengkulak pada kondisi geomorfologi yang berbeda. Ada tiga pola hubungan (I, II, dan III) antara petani dan tengkulak berdasarkan aktivitas jual-beli. Pola-pola tersebut merupakan hubungan patron-klien karena adanya sumberdaya yang tidak seimbang dan berdasarkan hubungan yang saling membutuhkan. Berdasarkan kondisi geomorfologi, Desa Pagergunung (pegunungan) cenderung mengikuti pola II. Sedangkan Desa Gentingsari (dataran) cenderung mengikuti pola III. Kata Kunci: Patron-Klien; Petani; Tembakau Temanggung; Tengkulak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 04 Jan 2018 20:10
    Last Modified: 04 Jan 2018 20:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38919

    Actions (login required)

    View Item