PENGARUH KOMBINASI PUPUK FESES KELINCI DENGAN PUPUK UREA TERHADAP PRODUKSI RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) PADA UMUR PEMOTONGAN 40 HARI

R, FEBRI PARAMITA (2018) PENGARUH KOMBINASI PUPUK FESES KELINCI DENGAN PUPUK UREA TERHADAP PRODUKSI RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) PADA UMUR PEMOTONGAN 40 HARI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (95Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kombinasi pupuk feses kelinci (PFK) dengan pupuk urea terhadap produksi rumput gajah pada umur pemotongan 40 hari. Penelitian ini dilaksanakan Februari sampai dengan April 2017 di Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Perhutanan, Desa Jatisari, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Materi yang digunakan adalah stek rumput gajah, pupuk urea dan pupuk feses kelinci. Desain penelitian menggunakan RAL dengan 6 perlakuan dan 7 ulangan. Enam perlakuan dalam penelitian ini adalah P0 = Kontrol (tanpa pupuk), P1 = 100% urea, P2 = 75% urea : 25% PFK, P3 = 50% urea : 50% PFK, P4 = 25% urea : 75% PFK, P5 = 100% PFK. Hasil analisis variansi menunjukkan bahwa kombinasi PFK dengan pupuk urea berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah anakan, produksi bahan segar, kandungan BK dan kandungan PK, tetapi perlakuan tidak berpengaruh nyata terhadap kandungan SK. Uji duncan menunjukkan P2 berbeda nyata dengan P0 dan P5 terhadap tinggi tanaman, jumlah anakan, produksi bahan segar dan kandungan BK, sedangkan pada kandungan SK P1, P2, P3, P4 dan P5 berbeda nyata dengan P0. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kombinasi pupuk feses kelinci dengan pupuk urea meningkatkan produksi rumput gajah pada umur pemotongan 40 hari, adapun dosis pupuk yang mampu meningkatkan produksi rumput gajah adalah P2 (75% urea: 25% pupuk feses kelinci (PFK)).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Peternakan
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 04 Jan 2018 20:05
    Last Modified: 04 Jan 2018 20:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38916

    Actions (login required)

    View Item