FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS BANK SYARIAH DI INDONESIA (Studi Pada Bank Syariah yang Terdaftar di Bank Indonesia Periode 2012-2015)

DEWANTI, TRI ANGGA (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS BANK SYARIAH DI INDONESIA (Studi Pada Bank Syariah yang Terdaftar di Bank Indonesia Periode 2012-2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1029Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia (Studi pada bank syariah yang terdaftar di Bank Indonesia periode 2012-2015) Tri Angga Dewanti F1215054 Bank sebagai lembaga perantara keuangan dalam menjalankan kegiatan usahanya diklasifikasikan menjadi dua kategori, yaitu bank konvensional dan bank syariah. Pentingnya fungsi dan peranan perbankan syariah di Indonesia, maka pihak bank syariah perlu meningkatkan kinerjanya agar tercipta perbankan dengan prinsip syariah yang sehat dan efisien dengan salah satu acuannya adalah profitabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh BOPO, NPF, CAR dan FDR terhadap ROA bank syariah di Indonesia. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 7 bank umum syariah di Indonesia pada tahun 2012 hingga 2015. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengujian asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Untuk menganalisis data menggunakan alat bantu software SPSS. Dari hasil uji hipotesis, BOPO (Biaya Operasional Pendapatan Operasional dan NPF (Non Performing Finance) menunjukkan pengaruh signifikan negatif terhadap ROA bank syariah, CAR (Capital Adequency Ratio) tidak berpengaruh signifikan negatif terhadap ROA bank syariah, dan FDR (Financing to Deposit Ratio) berpengaruh signifikan positif terhadap ROA bank syariah di Indonesia. Untuk uji F, dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh serentak (bersama-sama) antara semua variabel yang diuji (BOPO, NPF, CAR, FDR) terhadap ROA bank syariah di Indonesia.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 04 Jan 2018 17:29
    Last Modified: 04 Jan 2018 17:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38901

    Actions (login required)

    View Item