Penerapan Metode Inkuiri dengan Focus Group Discussion (FGD) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017

AULIA, SHAFIRA RIZQI (2018) Penerapan Metode Inkuiri dengan Focus Group Discussion (FGD) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (127Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam (2) siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IIS 1 SMA N GONDANGREJO KARANGANYAR Tahun Pelajaran 2016/2017 sejumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran sosiologi siswa kelas X IIS 1 mulai dari tes pra tindakan, siklus I dan siklus II yaitu pada pra tindakan rata-rata prestasi belajar siswa 70,25 naik menjadi 78,75 pada siklus I dan mengalami peningkatan kembali sebesar 86,67 pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran sosiologi siswa kelas X IIS 1 SMA N Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Metode Inkuiri, Focus Goup Discussion Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 04 Jan 2018 17:12
    Last Modified: 04 Jan 2018 17:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38895

    Actions (login required)

    View Item