PERAN KOMBINASI FRAKSI AKTIF DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) DAN KAYU SECANG (Caesalpinia sappan L.) TERHADAP EKSPRESI PROTEIN BAD PADA SEL HeLa DENGAN PENGECATAN IMUNOSITOKIMIA (ICC)

LESTARI, DEBY FAJAR (2018) PERAN KOMBINASI FRAKSI AKTIF DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) DAN KAYU SECANG (Caesalpinia sappan L.) TERHADAP EKSPRESI PROTEIN BAD PADA SEL HeLa DENGAN PENGECATAN IMUNOSITOKIMIA (ICC). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (705Kb)

    Abstract

    Fraksi klorofom daun sirsak dan fraksi etil asetat kayu secang memiliki efek antiproliferasi dan mampu meningkatkan efek sitotoksik pada sel HeLa. Acetogenins merupakan senyawa golongan poliketida yang terdapat pada daun sirsak (Annona muricata L.) dan brazilin merupakan senyawa utama dari kayu secang (Caesalpinia sappan L.). Jalur apoptosis melalui protein BAD (protein pro-apoptosis) adalah jalur yang efektif dan efisien pada proses kematian sel secara terprogram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kombinasi fraksi aktif daun sirsak (A. muricata L.) dan kayu secang (C. sappan L.) terhadap ekspresi protein BAD pada sel HeLa dengan pengecatan ICC. Perlakuan pada sel HeLa berupa konsentrasi IC50 dari fraksi aktif daun sirsak (A. muricata L.), fraksi aktif kayu secang (C. sappan L.), serta kombinasi keduanya. Selanjutnya pengecatan ICC dengan protein BAD. Hasil ICC diamati dan dihitung persentase ekspresi protein BAD dari masing-masing perlakuan. Analisis data dengan One Way Anova dan Uji Regresi Linier. Hasil pengecatan ICC pada sel HeLa yang diberi perlakuan menghasilkan warna coklat pada sitoplasmanya yang menunjukkan adanya ekspresi dari protein BAD sedangkan sel HeLa tanpa perlakuan menghasilkan warna ungu yang menunjukkan tidak terekspresinya protein BAD. Fraksi aktif daun sirsak (A. muricata L.) mengekspresikan protein BAD lebih tinggi dari fraksi aktif kayu secang (C. sappan L.) dan fraksi kombinasi keduanya. Analisis One Way Anova menunjukkan perbedaan yang bermakna (signifikan) dengan nilai p = 0. Uji Regresi Linier menunjukkan fraksi kombinasi daun sirsak dan kayu secang memiliki korelasi kuat dengan nilai R = 0,951. Fraksi aktif daun sirsak (A. muricata L.), fraksi aktif kayu secang (C. sappan L.) serta kombinasi keduanya mampu menghambat pertumbuhan sel HeLa dengan mengekspresikan protein BAD yang memicu apoptosis, sehingga dapat dijadikan sebagai salah suatu langkah kemoprevensi. Kata kunci : Annona muricata L., Caesalpinia sappan L., Imunositokimia (ICC), protein BAD, sel HeLa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QR Microbiology
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 04 Jan 2018 15:53
    Last Modified: 04 Jan 2018 15:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38886

    Actions (login required)

    View Item