PENERAPAN INSTRUKSI DI TAHAP HYPOTHESIS TESTING PADA DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN DAN MENGHUBUNGKAN KONSEP

Indrasari, Berliyana (2018) PENERAPAN INSTRUKSI DI TAHAP HYPOTHESIS TESTING PADA DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN DAN MENGHUBUNGKAN KONSEP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (704Kb)

    Abstract

    Berliyana Indrasari. K4313023. PENERAPAN INSTRUKSI DI TAHAP HYPOTHESIS TESTING PADA DISOCVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN DAN MENGHUBUNGKAN KONSEP. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2017. Penelitian bertujuan meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep dengan menerapkan instruksi di tahap hypothesis testing pada discovery learning. Subjek penelitian terdiri dari atas 29 peserta didik Sekolah Menengah Atas. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 Siklus. Prosedur penelitian meliputi tahap: perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Data berupa skor concept map peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi dan tes untuk mengetahui skor concept map. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan berdasarkan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep berdasarkan skor concept map pada pra siklus antara 5,67%-9,97%, rata-rata skor concept map pra siklus sebesar 7,7% dengan 10 peserta didik mendapat skor di atas rata-rata. Siklus I antara 8,02%-37,65%, rata-rata skor concept map 23,23% dengan 19 di atas skor rata-rata. Siklus II antara 8,08%-42,79%, rata-rata skor concept map 27,60% dengan 15 peserta didik diatas skor rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan instruksi di tahap hypothesis testing pada discovery learning meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep. Kata kunci: instruksi, hypothesis testing, discovery learning, kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 04 Jan 2018 15:35
    Last Modified: 04 Jan 2018 15:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38883

    Actions (login required)

    View Item