Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi Catatan Terbimbing (Guided Note) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016

SARI, ROSIANA MELIA (2018) Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi Catatan Terbimbing (Guided Note) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (580Kb)

    Abstract

    Rosiana Melia Sari. K3312069. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI CATATAN TERBIMBING (GUIDED NOTE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi catatan terbimbing (guided note) pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara, angket dan kajian dokumen. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada prasiklus untuk aktivitas belajar kategori tinggi sebesar 30,76%. Capaian pada siklus I untuk aspek aktivitas belajar, pengetahuan, sikap dan keterampilan masing – masing sebesar 56,41%, 61,53%, 94,87% dan 100%. Capaian pada siklus II aspek aktivitas belajar dan pengetahuan masing – masing sebesar 79,49%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi catatan terbimbing (guided note) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kelarutan kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo. Kata kunci: Team Assisted Individualization (TAI), catatan terbimbing (guided note), aktivitas belajar, prestasi belajar, kelarutan dan hasil kali kelarutan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 04 Jan 2018 07:32
    Last Modified: 04 Jan 2018 07:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38875

    Actions (login required)

    View Item