ANALISIS KADAR KLORAMFENIKOL DALAM TETES MATA KLORAMFENIKOL 0,5% DENGAN VARIASI PENYIMPANAN MENGGUNAKAN SPEKTROFOTOMETRI UV

NURMALINDA, RIA (2018) ANALISIS KADAR KLORAMFENIKOL DALAM TETES MATA KLORAMFENIKOL 0,5% DENGAN VARIASI PENYIMPANAN MENGGUNAKAN SPEKTROFOTOMETRI UV. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (654Kb)

    Abstract

    Stabilitas obat dapat diketahui dari ada tidaknya penurunan kadar selama penyimpanan. Faktor luar seperti suhu, cahaya, kelembaban, dan udara mampu mempercepat reaksi degradasi bahan. Skala kualitas yang penting untuk menilai kestabilan suatu bahan obat salah satunya yaitu kandungan bahan aktif. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh lama, cahaya, dan suhu penyimpanan terhadap kadar kloramfenikol dalam sediaan tetes mata. Uji analisis kadar menggunakan spektrofotometri UV pada obat tetes mata kloramfenikol merek X. Analisis dilakukan pada penyimpanan hari ke-0; 7; 14; 21; dan 30 setelah dibuka dengan variasi penyimpanan berupa penempatan pada sinar matahari, suhu ruang, serta suhu kulkas. Data diolah menggunakan SPSS 20.0 for Windows dan dianalisis menggunakan statistika One Way Anova dengan taraf kepercayaan 95%. Tetes mata kloramfenikol merek X memiliki kadar yang memenuhi syarat yaitu 95,96%. Terdapat perbedaan kadar yang signifikan dipengaruhi oleh lama penyimpanan didandai dengan nilai sig. 0,000 < 0,05, namun tidak terdapat perbedaan kadar yang signifikan dipengaruhi oleh cahaya maupun suhu penyimpanan ditandai dengan nilai signifikasi > 0,5 yaitu berturut-turut 0,925 dan 0,140.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 04 Jan 2018 07:25
    Last Modified: 04 Jan 2018 07:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38872

    Actions (login required)

    View Item