Konsep Cara Produksi Pangan Yang Baik (CPPB) pada Pembuatan Roti Semir di Usaha Kecil Menengah (UKM) “Anita Bakery” (Solo, Jawa Tengah)

ASTINIASARI, REZKY (2018) Konsep Cara Produksi Pangan Yang Baik (CPPB) pada Pembuatan Roti Semir di Usaha Kecil Menengah (UKM) “Anita Bakery” (Solo, Jawa Tengah). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (530Kb)

    Abstract

    KONSEP CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK (CPPB) PADA PROSES PEMBUATAN ROTI SEMIR DI USAHA KECIL MENENGAH (UKM) “ANITA BAKERY” (SOLO, JAWA TENGAH) Rezky Astiniasari Dr. Ir. Sigit Prabawa, M.Si. Godras Jati Manuhara S.T.P., M.Sc. ABSTRAK Roti semir merupakan roti manis yang disajikan dengan krim pada bagian tengah belahan roti. Roti semir merupakan salah satu roti khas Solo yang terbuat dari adonan tepung terigu dicampur dengan air, telur, gula, garam, garam, ragi dan margarin yang diolah dengan teknik fermentasi dan pemanganggan untuk menghasilkan tekstur yang lembut, serta bahan tambahan shortening sebagai bahan isi roti semir. Salah satu industri roti semir di Solo adalah UKM “Anita Bakery”. Masalah yang terjadi pada pengembangan UKM “Anita Bakery” adalah cara produksi yang baik yang sepenuhnya belum terpenuhi. Tujuan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui tahapan proses pembuatan roti semir, evaluasi CPPB dan konsep CPPB yang bisa diterapkan di UKM “Anita Bakery”. Metode yang dilakukan adalah wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Proses pembuatan roti semir meliputi, persiapan bahan, pencampuran dan pengadukan, pengulenan, pencetakan, pendiaman, pengovenan, pendinginan, pengolesan shortening dan pengemasan. Berdasarkan analisis yang dilakukan didapatkan kadar air 14,002%, kadar abu 1,282%, kadar gula reduksi 7,450%, cemaran kapang 4,5 x 103 koloni/g, angka lempeng total 4,3 x 103 koloni/g dan organoleptik dengan kenampakan normal tidak berjamur, bau harum, rasa normal tidak tengik, warna kuning kecokelatan, tekstur lembut. Hasil analisis produk akhir roti semir yang dilakukan didapatkan tidak melebihi standar SNI 01-3840-1995. Dari hasil evaluasi CPPB yang didapatkan di UKM “Anita Bakery” belum sesuai dengan syarat. Perbaikan pada UKM “Anita Bakery” agar sesuai dengan Konsep CPPB yakni, bangunan dan fasilitas, peralatan, kesehatan dan higiene karyawan, proses pengolahan, pelabelan, serta pencatatan dokumentasi. Kata kunci: Roti semir, Evaluasi Mutu, Konsep CPPB

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > D3 - Teknologi Hasil Pertanian
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 04 Jan 2018 07:22
    Last Modified: 04 Jan 2018 07:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38871

    Actions (login required)

    View Item