EFEKTIVITAS BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Setyaningtyas, Putri (2018) EFEKTIVITAS BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (727Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Putri Setyaningtyas. K8113065. EFEKTIVITAS BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas brain based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika anak usia 5-6 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B Taman Kanak-kanak Islam An-Nahl Cemani, Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 60 anak. Sampel yang digunakan peneliti sejumlah 42 anak dengan teknik pengambilan sampel random assigment. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif true eksperimen dengan desain between subject design. Validitas instrumen menggunakan content validity. Teknik pengumpulan data melalui tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika anak. Uji normalitas dan homogenitas menggunakan kolmogorov smirnov dan levene test for equality of variance. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikansi > 0,05. Uji hipotesis menggunakan t-test dengan SPSS 17 for windows. Hasil analisis data menunjukkan, Pertama, hasil kedua kelompok menunjukkan adanya peningkatan, rata-rata pretest kelompok eksperimen dari 49,24 meningkat menjadi 61,33 pada saat posttest, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol dari 49,33 pada saat pretest meningkat menjadi 56,81 pada saat posttest. Kedua, terdapat efektivitas brain based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika anak usia 5-6 tahun, yang dibuktikan oleh adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (ρ > 0,05). Ketiga, penelitian ini juga menunjukkan nilai R Square 0,874 yang berarti bahwa sumbangan efektif brain based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 87,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Hal ini dibuktikan bahwa hampir seluruh anak pada kelompok eksperimen sudah mampu menghitung 1-20 benda, menjumlah dan mengurangkan benda dengan baik, serta terdapat peningkatan pada indikator yang lain. Kata kunci: brain based learning, kemampuan pemecahan masalah matematika, anak usia dini

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 04 Jan 2018 07:17
    Last Modified: 04 Jan 2018 07:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38869

    Actions (login required)

    View Item