EVALUASI TERHADAP KETIDAKSESUAIAN P-IRT DAN SISTEM JAMINAN HALAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE HACCP UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN IKM MEMASUKI RITEL MODERN (Studi Kasus : IKM Tahu Sari Murni)

D, ACHMAD SAMUDRA (2018) EVALUASI TERHADAP KETIDAKSESUAIAN P-IRT DAN SISTEM JAMINAN HALAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE HACCP UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN IKM MEMASUKI RITEL MODERN (Studi Kasus : IKM Tahu Sari Murni). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (146Kb)

    Abstract

    Sari Murni (SM) merupakan salah satu UKM yang memproduksi tahu di Krajan Surakarta. Dalam proses pemasaran, The SM menjual produk mereka ke pasar tradisional dan telah berusaha memasuki pasar modern. Salah satu kebutuhan produk tahu untuk memasuki pasar modern adalah produk tahu harus memiliki lisensi GMP (lisensi industri rumah tangga). Tolok ukur dilakukan untuk membandingkan proses produksi SM dengan magang produsen tahu mapan yang lain dari praktik manufaktur yang baik (GMP). Tujuan dasar GMP adalah perhatian terhadap tindakan pencegahan yang diperlukan untuk memastikan semua persyaratan dasar kualitas dan keselamatan (Rotaru dkk, 2005). Selain itu, lisensi halal juga merupakan persyaratan penting bagi suatu produk untuk memasuki pasar modern. Untuk mendapatkan lisensi halal, pertama-tama perlu dilakukan penilaian terhadap kinerja kepastian halal UKM. Jika tingkat kinerja halal sistem penjaminan halal berada di bawah tingkat B maka UKM tidak akan bisa mendapatkan lisensi halal. Berdasarkan hasil tersebut, tingkat ketidaksesuaian praktik manufaktur yang baik (GMP) di SM adalah 4 dan hasil sistem jaminan halal untuk SM adalah C.so sehingga hasilnya perlu dilakukan beberapa perbaikan untuk mengurangi tingkat ketidaksesuaian GMP dan memperbaiki kinerja sistem jaminan halal agar mendapatkan nilai minimum. Untuk memulai perbaikan maka analisis HACCP (titik kritis analisis bahaya kritis) dilakukan untuk mengetahui lokasi titik kritis yang memiliki kemungkinan untuk mencemari produk tahu jadi setelah pemetaan lokasi titik kontrol kritis maka SM dapat melakukan perbaikan magang. proses peralatan dan lingkungan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 03 Jan 2018 20:22
    Last Modified: 03 Jan 2018 20:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38851

    Actions (login required)

    View Item