BASIS AKUNTANSI PEMERINTAHAN DI INDONESIA: KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI DAN KEBERMANFAATAN BAGI PENGAMBILAN KEPUTUSAN (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah se-Provinsi Maluku)

Parwanto, Agus (2017) BASIS AKUNTANSI PEMERINTAHAN DI INDONESIA: KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI DAN KEBERMANFAATAN BAGI PENGAMBILAN KEPUTUSAN (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah se-Provinsi Maluku). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (413Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kualitas informasi akuntansi dan kebermanfaatan bagi pengambilan keputusan dari penerapan 2 (dua) basis akuntansi pemerintahan di Indonesia, yaitu basis kas menuju akrual dan basis akrual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan sumber data primer dengan mengambil sampel sebanyak 71 responden pada penyusun laporan keuangan serta auditor di lingkup pemerintah daerah se-Maluku. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan uji beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas informasi akuntansi dan kebermanfaatannya bagi pengambilan keputusan pada penerapan basis akrual lebih tinggi daripada basis kas menuju akrual, serta terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua basis tersebut. Penelitian ini juga memberikan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi antara pemerintah daerah, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam menilai kualitas informasi akuntansi dan kebermanfaatan informasi untuk pengambilan keputusan. Kata kunci: basis kas menuju akrual, basis akrual, kualitas informasi akuntansi, kebermanfaatan pengambilan keputusan, pelaporan keuangan pemerintah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 02 Jan 2018 14:38
    Last Modified: 02 Jan 2018 14:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38837

    Actions (login required)

    View Item