kegiatan dinas arsip dan perpustakaan kabupaten sragen sebagai perpustakaan berbasis komunitas: studi kaus perpustakaan desa mojorejo permata ilmu

S, Afia Anis (2017) kegiatan dinas arsip dan perpustakaan kabupaten sragen sebagai perpustakaan berbasis komunitas: studi kaus perpustakaan desa mojorejo permata ilmu. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (283Kb)

    Abstract

    Kabupaten Sragen merupakan satu dari tiga Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang mendapatkan anugerah Literasi Prioritas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia dan USAID PRIORITAS di Kantor Kemendikbud, di Jakarta pada tanggal 20 Maret 2017. USAID PRIORITAS merupakan program lima tahun yang didanai oleh USAID, dirancang untuk meningkatkan akses pendidikan dasar berkualitas di Indonesia. USAID PRIORITAS adalah bagian dari kesepakatan antara Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Republik Indonesia. Salah satu tujuan program USAID PRIORITAS adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan mengembangkan budaya membaca. Dengan ditetapkannya Kabupaten Sragen sebagai Kabupaten Literasi maka peran Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen terutama Bidang Perpustakaan adalah untuk melaksanakan program-program tersebut agar lebih berdaya guna untuk menciptakan ekosistem literat di Sragen. Minat baca di Indonesia masih sangat rendah, bahkan dibandingkan dengan Malaysia saja Indonesia masih menjadi negara yang kalah. Sebuah penelitian oleh Primanto Nugroho menyatakan bahwa minat baca rendah karena daya “mengunyah” bacaan menjadi suatu yang berguna di masyarakat kita masih rendah. Hal ini disebabkan karena waktu yang mereka miliki untuk membaca sangat sedikit dan sebagian besar waktuya dipergunakan untuk bekerja. Penelitian yang lain memperlihatkan secara teoritis adanya hubungan yang positif antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca, hal tersebut berpengaruh pada kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 02 Jan 2018 14:28
    Last Modified: 02 Jan 2018 14:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38834

    Actions (login required)

    View Item