PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN BANTUAN HIERARKI KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATERI STOIKIOMETRI KELAS X MIA 3 SMA N 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2016/2017

M, ADITYA SATRIA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN BANTUAN HIERARKI KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATERI STOIKIOMETRI KELAS X MIA 3 SMA N 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (865Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Aditya Satria Mahendra. K3313001. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN BANTUAN HIERARKI KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATERI STOIKIOMETRI KELAS X MIA 3 SMA N 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri Banyudono Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran problem solving dengan bantuan hierarki konsep pada materi stoikiometri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Sumber data adalah siswa, guru dan peristiwa yaitu kegiatan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket penilaian diri, dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran problem solving dengan bantuan hierarki konsep dapat meningkatkan kerjasama siswa kelas X MIA 3 SMA N 1 Banyudono. Persentase ketercapaian kerjasama pada siklus I sebesar 72,97% dan meningkat menjadi 81,08% pada siklus II. 2) penerapan model pembelajaran problem solving dengan bantuan hierarki konsep dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIA 3 SMA N 1 Banyudono. Ditunjukkan dari aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 32,43% dan pada siklus II meningkat menjadi 62,16%. Aspek sikap ketercapaian pada siklus I sebesar 81,08% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,89%. Sedangkan aspek keterampilan hanya dilakukan pada siklus I dengan persentase ketercapian sebesar 100% Kata kunci: Problem Solving, Hierarki Konsep, Kerjasama, Prestasi Belajar, Stoikiometri

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 02 Jan 2018 14:21
    Last Modified: 02 Jan 2018 14:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38832

    Actions (login required)

    View Item