UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMAGE STREAMING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PURWOGONDO TAHUN AJARAN 2009/2010 (Penelitian Tindakan Kelas)

FITHRIA R, DIAN (2010) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMAGE STREAMING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PURWOGONDO TAHUN AJARAN 2009/2010 (Penelitian Tindakan Kelas). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (344Kb)

    Abstract

    Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan: (1) keaktivan siswa kelas IV SD Negeri 1 Purwogondo dalam pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan metode image streaming; (2) keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 1 Purwogondo dengan menggunakan metode image streaming. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri I Purwogondo dengan subjek siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah pembelajaran menulis deskripsi yang termasuk dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan masing-masing siklus meliputi empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, serta tahap analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan: (1) keaktivan siswa selama pembelajaran menulis deskripsi berlangsung yang ditunjukkan dari adanya peningkatan jumlah siswa yang aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran menulis deskripsi (menjawab konsep pertanyaan, membuat kerangka karangan, mengembangkan kerangka karangan menjadi tulisan deskripsi yang utuh dan berkesinambungan) mengalami peningkatan dari siklus ke siklus, yaitu 50% pada siklus I, 70% pada siklus II, dan 85% pada siklus III; dan (2) peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa yang ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang sudah mampu menulis deskripsi dengan baik (dapat merinci detail objek/subjek, mengurutkan detail sesuai kerangka, menuangkan urutan ide secara tertulis) atau mencapai nilai 62 ke atas mengalami peningkatan dari siklus ke siklus, yaitu 30% pada siklus I, 50% pada siklus II, dan 85% pada siklus III atau meningkatnya jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan dalam menulis deskripsi, yaitu: (a) siklus I sebesar 30% atau 6 siswa, dan (b) siklus II sebesar 50% atau 10 siswa, dan (c) siklus III sebanyak 85% atau 17 siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Budhi Kusumawardana Julio
    Date Deposited: 14 Jul 2013 19:22
    Last Modified: 14 Jul 2013 19:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3883

    Actions (login required)

    View Item