PELAKSANAAN PENGAWASAN PENGELOLAAN LIMBAH RUMAH SAKIT OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA)

Justitia, Damara Taufiqurrochman (2018) PELAKSANAAN PENGAWASAN PENGELOLAAN LIMBAH RUMAH SAKIT OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (830Kb)

    Abstract

    DAMARA TAUFIQURROCHMAN JUSTITIA. E0013106. PELAKSANAAN PENGAWASAN PENGELOLAAN LIMBAH RUMAH SAKIT OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi dokumen Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) dalam dokumen AMDAL terkait penanganan Limbah serta prosedur dan hasil pengawasan dinas lingkungan hidup surakarta terhadap ketaatan dalam pelaksanaan Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) di Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris. Lokasi penelitian dilakukan di Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara dan studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, diketahui bahwa isi dokumen Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) dalam dokumen AMDAL terkait penanganan Limbah terbagi menjadi pengeloaan limbah cair, sampah, limbah B3, Higien dan Sanitasi, infeksi nosokomial dan gangguan kesehatan masyarakat yang terdiri dari beberapa muatan yakni indikator/parameter, sumber dampak, metode, lokasi, waktu atau periode dan institusi. Sedangakan hasil pengawasan dinas lingkungan hidup surakarta terhadap ketaatan dalam pelaksanaan Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) di Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta terfokus pada 2 (dua) bentuk pengawasan yakni pengawasan tertulis yang didasarkan pada data laporan jumlah limbah masuk dan jumlah limbah keluar yang bersumber dari Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta dan pengawasan lapangan yang didasarkan pada kunjungan lapangan ke Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta secara regular dan insidental. Kata Kunci: Pengawasan, Limbah, Rumah Sakit.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 02 Jan 2018 13:03
    Last Modified: 02 Jan 2018 13:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38827

    Actions (login required)

    View Item