KUALITAS FISIK DAN MIKROBILOGIS DAGING AYAM BROILER SEGAR DARI RUMAH PEMOTONGAN AYAM (RPA) DAN TEMPAT PEMOTONGAN AYAM (TPA) DI KABUPATEN KARANGANYAR

Nurmalasari, Charisma Dyah Ayu (2018) KUALITAS FISIK DAN MIKROBILOGIS DAGING AYAM BROILER SEGAR DARI RUMAH PEMOTONGAN AYAM (RPA) DAN TEMPAT PEMOTONGAN AYAM (TPA) DI KABUPATEN KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (620Kb)

    Abstract

    KUALITAS FISIK DAN MIKROBIOLOGIS DAGING AYAM BROILER SEGAR DARI RUMAH PEMOTONGAN AYAM DAN TEMPAT PEMOTONGAN AYAM DI KABUPATEN KARANGANYAR1 Charisma Dyah Ayu Nurmalasari2 Adi Magna Patriadi Nuhriawangsa3 Bayu Setya Hertanto4 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas daging ayam segar yang dihasilkan dari RPA dan TPA kabupaten Karanganyar. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2016 sampai Maret 2017. Pengambilan sampel dilakukan di 12 RPA dan 8 TPA yang ditemukan di kabupaten Karanganyar. Pengujian kualitas fisik daging ayam segar dilaksanakan di Laboratorium Industri dan Pengolahan Hasil Ternak Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pengujian kualitas mikrobiologi dilakukan di Balai Veteriner dan Kesehatan Hewan Kabupaten Boyolali. Metode pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling. Data yang diperoleh di analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Kualitas fisik daging ayam segar memiliki nilai pH berkisar antara 5,81-6,5. Rata-rata daging ayam memiliki warna putih kekuningan dan tekstur dari daging ayam ialah berserabut halus, elastis dan tidak berair. Kualitas fisik seluruh daging ayam segar tersebut sudah memenuhi kualitas standar daging ayam layak konsumsi. Hasil Total Plate Count seluruhnya menunjukkan hasil <1x106 CFU/gr yang berarti tidak melebihi batas maksimum cemaran mikroba yang ditetapkan berdasarkan SNI 3924-2009. Hasil uji cemaran bakteri Escherichia coli terdapat 3 RPA dan 3 TPA yang positif tercemar bakteri Escherichia coli, hal tersebut ditunjukkan dengan jumlah bakteri Escherichia coli >1x101 cfu/gr. Hasil uji cemaran Salmonella terdapat 1 RPA yang positif terkontaminasi bakteri Salmonella, sedangkan 11 RPA dan 8 TPA menunjukkan hasil negatif sesuai dengan SNI 7388-2009 tetang Batas Maksimum Cemaran Mikrobia. Kata kunci: daging ayam segar, rumah pemotongan ayam, tempat pemotongan ayam, kualitas fisik, kualitas mikrobiologi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Peternakan
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 02 Jan 2018 11:41
    Last Modified: 02 Jan 2018 11:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38822

    Actions (login required)

    View Item