peran voice over dalam produksi iklan di radio prambors yogyakarta

putri calonica, tara (2017) peran voice over dalam produksi iklan di radio prambors yogyakarta. Other thesis, sebelas maret university .

[img] PDF - Published Version
Download (59Kb)

    Abstract

    Tara Putri Kalonica, D141405, D3 Komunikasi Terapan Minat Penyiaran, Peran Voice Over dalam produksi iklan di Radio Prambors Yogyakarta, 2017. Tahun 2006 radio Prambors selain berada di Jakarta, juga hadir di 7 kota besar antara lain Medan, Bandung, Solo, Semarang, Makasar, Yogyakarta dan Surabaya. Prambors Yogyakarta berdiri ada tahun 2001. Saat itu masih bernama Radio Jogja dengan frekuensi 90,5 FM. Kemudian, pemilik Jogja Radio bekerja sama dengan pemodal dari Jakarta yaitu pemilik Radio Prambors, mengubah Jogja Radio dengan nama Prambors Yogyakarta dengan frekuensi 95.8 FM sampai sekarang. Namun radio Prambors Yogyakarta tidak begitu saja menerima secara mentah materi dan konsep dari radio Prambors Jakarta. Prambors Yogyakarta berhak menentukan format acaranya sendiri disesuikan dengan memperhatikan unsure lokalitas. Pelaksanaan Kuliah Kerja Media (KKM) sebagai Asisten Produksi yang berfokus menjadi seorang pengisi suara (Voice Over) proses produksi iklan Radio yang dilaksanakan di Radio Prambors Yogyakarta, dengan alamat JL.Palagan Tentara Pelajar no 35 Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Pengisi suara adalah seorang yang mengisi suara materi siaran dan iklan melalui proses rekaman/recording audio untuk kebutuhan tertentu. Dari kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) penulis juga mendapatkan gambaran bagaimana menjalani proses bekerja menjadi seorang Asisten Produksi yang berfokus menjadi seorang pengisi suara (Voice Over) yang profesional. Meski hanya selama dua bulan, banyak pengalaman-pengalaman berharga yang di dapat penulis sekaligus menjadi tempat bagi penulis untuk mempraktekkan teori-teori yang didapat selama berada di bangku perkuliahan. Teori merupakan landasan untuk melakukan suatu hal dan berkarya. Namun, sekedar memiliki teori tanpa pernah mencoba mempraktekkan dalam dunia nyata hanya menjadi sebuah pengetahuan bukan sebuah keahlian. Terlebih jika bidang yang dipelajari adalah bidang yang memang menuntut untuk mengaplikasikan secara langsung dilapangan seperti bidang ilmu komunikasi dalam media massa. Kata Kunci : Produksi, Iklan, Radio, Prambors, Voice Over

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 01 Jan 2018 11:21
    Last Modified: 01 Jan 2018 11:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38805

    Actions (login required)

    View Item